Home Berita Umum ADAKAN RAKOR, PEMKOT SUKABUMI PASTIKAN USAHA MAKANAN PENUHI STANDAR LAIK HYGIENE

ADAKAN RAKOR, PEMKOT SUKABUMI PASTIKAN USAHA MAKANAN PENUHI STANDAR LAIK HYGIENE

Untuk memastikan kegiatan khususnya proses pengolahan makanan pada tempat usaha dan fasilitas umumnya sesuai standar keamanan pangan, tidak menimbulkan gangguan kesehatan dana man dikonsumsi oleh masyarakat, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan mengundang pelaku usaha baik usaha UMKM, hotel, restoran, rumah makan, dan unsur dinas/instansi terkait di Kota Sukabumi dalam acara Rapat Koordinasi Tempat Pengolahan Makanan (TPM) dan Tempat Fasilitas Umum (TFU) Kota Sukabumi.

Acara yang dibuka secara resmi dan dilanjutkan dengan arahan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr. Hj. Ritanenny ESM, M.P., M.H. didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dr. H. Suprapto, S.Pd., S,Kp., M.M., dan Kepala Seksi Kesling Kesjaor, Jalaludin, S.IP., M.M.Kes. ini menghadirkan narasumber/pembicara dari unsur Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi Banyu Citra Anggara, S.H., M.M.

Fokus kegiatan ini adalah pengendalian terhadap aspek hygiene dapat mencegah risiko keracunan pangan dan mendorong setiap pelaku usaha memiliki Sertifikat Laik Hygiene yang merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi yang berfungsi untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat, proses pengolahan dan perlengkapan pengolahan makanan yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Dengan demikian, sertifikat laik hygiene dapat menjadi alat pengawasan bagi Pemerintah dalam rangka perlindungan konsumen dan menurunkan risiko gangguan kesehatan bagi masyarakat sesuai dengan regulasi Kepmenkes Nomor 1098 tahun 2003 tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096 Tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga.

Dinas Kesehatan selanjutnya juga menyiapkan stikerisasi bagi usaha yang telah memiliki sertifikat laik hygiene dan pelayanan konsultansi dan pendampingan pengolahan makanan secara gratis dengan menyediakan petugas sanitarian yang terdapat di beberapa Puskesmas se-Kota Sukabumi, hal ini bertujuan untuk menjamin makanan yang diproduksi laik dan menekan angka keracunan pangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here