Home Berita Umum AUDIT KEPATUHAN PERIZINAN DI DPMPTSP KOTA SUKABUMI

AUDIT KEPATUHAN PERIZINAN DI DPMPTSP KOTA SUKABUMI

Audit kepatuhan adalah audit yang bertujuan untuk menentukan apakah klien (audite) telah mengikuti prosedur, tata cara serta peraturan yang dibuat oleh otoritas yang lebih tinggi. Prinsip ini menjabarkan bahwa audit kepatuhan memiliki tujuan yang menentukan tingkat kesesuaian antara kegiatan dengan kondisi, peraturan dan undang-undang tertentu. Audit kepatuhan dilakukan secara sistematis dan mendatail sehingga memungkinkan berbagai penyimpangan bisa diidentifikasikan dan menjadi bahan masukan untuk tindakan perbaikan.

Senin, 28 September 2020 bertempat di ruang pertemuan DPMPTSP Kota Sukabumi jalan Mayawati no.11 Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Tim Periksa dari Inspektorat Kota Sukabumi melakukan Audit Kepatuhan Pelayanan Perijinan dan Non Perijinan di Kota Sukabumi. Tim Auditor dari Irbanwil II diterima oleh Drs.beni Haerani.,M.M. Kepala DPMPTSP beserta jajarannya.

Pelaksanaan audit ini dimaksudkan untuk menguji sejauhmana kepatuhan pelayanan perijinan dan non perijinan yang dikelola oleh DPMPTSP, baik dari persyaratan, lama proses dan transparansi informasi, jelasnya besaran retribusi dan traking sistem untuk mengetahui sampai dimana proses pelayanan perijinan.

Adapun hasil audit kepatuhan sebagai berikut :

  1. Hasil audit yang diharapkan yaitu proses perizinan dan non perizinan lebih baik lagi dari yang sekarang telah dijalankan.
  2. Diambil beberapa sampel perizinan yang telah diterbitkan.
  3. Pemeriksaan SOP perizinan.
  4. Akan dilakukan peninjauan lapangan.
  5. Hasil dialog tanya jawab antara Inspektorat dengan DPMPTSP, didapat :
  • Izin yang dikelola oleh DPMPTSP
  • Tata cara izin diterbitkan oleh DPMPTSP
  • OSS
  • Penanganan pengaduan.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here