Home Berita Umum CITY BRANDING KOTA SUKABUMI SEBAGAI KOTA YANG NGANGENIN

CITY BRANDING KOTA SUKABUMI SEBAGAI KOTA YANG NGANGENIN

Pemerintah Kota Sukabumi bakal fokus penataan sejumlah potensi yang ada hingga tuntas setiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar bisa optimal dengan ditunjang fasilitas yang lengkap. City branding (citra kota) adalah upaya strategis membangun identitas sebuah kota untuk membuat postingan yang kuat di regional maupun global. Identitas adalah sebuah konstruksi, sebuah konstruksi dari sebuah proses interaksi antar manusia, institusi dan praktis dalam kehidupan sosial. Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan, saran serta budaya yang ada di kota tersebut.

Pemasaran tidak terlepas dengan persaingan, demikian juga untuk sebuah kota. Untuk mendapatkan kepercayaan sebuah kota yang terbaik dalam aspek tertentu bergantung pada bagaimana city branding telah dibuat dan disampaikan sebagai kekuatan kompetisi dan relevansi dari kota tersebut sehingga kota tersebut dapat dikenal secara luas baik regional ataupun global.

Membentuk identitas kota dengan city branding bukannya yang mudah. Hal ini mengingat tantangan yang utama adalah berada disekitar persoalan bagaimana usaha untuk membentuk suatu perlindungan citra kota yang berkoherensi dalam ragam lintas area yang berbeda dari kegiatan dengan beragam target pengguna.

Saat ini masih banyak konsep city branding kota-kota di Indonesia terindikasi masih parsial dengan sekedar penggunaan logo atau slogan, untuk itu perlu ditingkatkan penerapannya. Secara umum terdapat tiga karakteristik dalam tahap city branding yang sedang berkembang, yaitu substansi citra, konsumen citra dan bagaimana citra dapat dikonsumsi. Tiga karakteristik ini perlu diakomodasi oleh perencanaan citra kota yang kuat. Untuk itu diperlukan suatu perencanaan pembentukan citra yang lebih mendalam untuk mewujudkan city branding yang optimal.

Hal inilah yang mendasari Bappeda Kota Sukabumi untuk roadshow mensosialisasikan city branding ke 12 SKPD dan 7 Kecamatan di Kota Sukabumi. DPMPTSP Kota Sukabumi dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 Desember 2019, di ruang pertemuan di ruang rapat DPMPTSP Jl. Mayawati Atas Nomor 11 Kota Sukabumi.

Pertemuan ini di pimpin oleh Hadi Sasono.,A.P Sekretaris DPMPTSP dan Galih Marelia Anggraeni.,S.F.,Apt.,M.A.P Kepala Bidang Pemerintahan Evaluasi dan Pelaporan Bappeda mengatakan bahwa city branding yang merupakan identitas suatu program guna menunjang visi misi Wali Kota Sukabumi sangat urgen, sebagai sebuah upaya pendalaman pemahaman dalam kerangka untuk melakukan optimalisasi bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang sesuai dengan Visi dan Misi Kota Sukabumi.

Pada kesempatan ini pula hadir para narasumber ahli yang terdiri dari:

  • Tata Widjaya Karwata dari Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kota Sukabumi dengan materi bahasan Percepatan pembangunan yang dihubungkan dengan Visi Misi Wali Kota Sukabumi.
  • Rahmat Yananda dari Konsultan penyusun city branding Kota Sukabumi dengan materi bahasan Perancangan identitas visual Kota Sukabumi melalui city Branding.

 

Dari hasil positif survei menyatakan bahwa Kota Sukabumi merupakan kota yang nyaman untuk tinggal (iklim, suasana, makanan dll), kental dengan nilai-nilai keluarga dan orangnya ramah serta punya daya tarik untuk wisata. Hal inilah yang menjadikan Kota Sukabumi sebagai kota transit yang penuh keramahtamahan dan ngangenin….

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here