Home Berita Umum DPMPTSP DAN DINKES KOTA SUKABUMI, CEK LEGALITAS IZIN OPERASIONAL APOTIK

DPMPTSP DAN DINKES KOTA SUKABUMI, CEK LEGALITAS IZIN OPERASIONAL APOTIK

Buka Usaha apotek merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan buka usaha apotek akan dapat mempermudah orang untuk membeli obat. Hampir setiap hari selalu ada saja orang yang mencari obat atau alat kesehatan lainnya. Izin operasional yang dikeluarkan OSS dalam melaksanakan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran persediaan farmasi, perbekalan kesehatan lainya kepada masyarakat.

Kamis tanggal 19 Maret 2020, Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan DPMPTSP Kota Sukabumi meninjau sejumlah sarana apotek yang ada di Kota Sukabumi. Kegiatan ini guna mengecek izin operasional apotek terutama Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) yaitu bukti tertulis yang diberikan oleh Menteri Kesehatan kepada Apoteker yang telah diregistrasi dan Surat Izin Praktik Apoteker (SIFA). Hal ini dilakukan karena banyak STRA dan SIFA yang sudah tidak berlaku lagi (kada luarsa)

Kepala Seksi Pengawas dan Pengendalian Perizinan DPMPTSP Fauzi Rahmatulloh., S.E mengatakan banyaknya pelaku usaha yang sudah mengetahui tentang operasional OSS tapi belum banyak yang melengkapi dalam persyaratan OSS yaitu komitmen untuk pengefektifan izin operasional Apotek.

Kasi Kefarmasian Dinkes Kota Sukabumi, Supriyanto., S.Kom.,M.KM. mengatakan salah satu syarat boleh tidaknya penerbitan surat izin untuk apotek, harus adanya STRA dan SIFA. Kegiatan ini sebagai bahan rapat evaluasi koordinasi dengan instansi terkait. Apotik yang dikunjungi merupakan sampel yang akan ditindaklanjuti legalitas guna kelancaran operasional Apotik. Hal itu dilakukan untuk melindungi hak-hak konsumen sehingga tidak beroperasi dengan ilegal. “Tentunya hal ini juga dilakukan agar tidak membahayakan konsumen pengguna obat,”.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here