Home Berita Umum DPMPTSP KOTA SUKABUMI AKTIF KEGIATAN SOSIALISASI PERUBAHAN KODEFIKASI BARANG MILIK DAERAH

DPMPTSP KOTA SUKABUMI AKTIF KEGIATAN SOSIALISASI PERUBAHAN KODEFIKASI BARANG MILIK DAERAH

Asset/barang milik Daerah/Negara merupakan faktor penting dalam melancarkan fungsi pelayanan pemerintahan daerah kepada masyarakat. Akan tetapi, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Menyatakan bahwa Pemerintahan Daerah masih belum melaksanakan Manajemen (pengelolaan) Aset sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini menyebabkan terbitnya Opini Disclaimer (disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab, yaitu berinti pada pemindahkan tanggung jawab dari originator/sumber ke pemakai) dalam rangka audit terhadap Laporan Keuangan Daerah/ Negara yang dilakukan oleh BPK dan bagi terwujudnya keserasian serta keberhasilan pembangunan, dipandang perlu memantapkan pengaturan tentang penyelenggaraan koordinasi kegiatan semua Instansi Vertikal dan antara Instansi Vertikal dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi menggelar Sosialisasi Permendagri No. 108 Tahun 2016 tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Daerah (BMD), bagiĀ  SKPD Se Kota Sukabumi. DPMPTSP turut menghadirkan Hendar Suhendar.,S.E. selaku pengelola barang dan Sara Anastutie.,S.E selaku bendahara pengeluaran, pada hari Rabu tanggal 1 Juli 2020 bertempat di ruang pertemuan Kecamatan Cikole yang berlokasi di jalan Mayawati Atas No.7 Kota Sukabumi.

Acara ini dibuka dan dipimpin oleh Agus Mulyana.,S.IP Kabid Aset Daerah BPKD Kota Sukabumi mengatakan bahwa kegiatan sosialiasi ini tersebut diperuntukkan bagi Pejabat Penatausahaan Pengguna Barang dan Pembantu Pengurus Barang Pengguna di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi selama lima hari sejak tanggal 29 Juni sampai dengan 03 Juli 2020 dengan lokasi dan peserta terjadwal sesuai dengan protocol kesehatan di masa pandemic Covid 19.

Kegiatan ini difokuskan pada pembahasan penghapusan Barang Milik Daerah yang mengacu pada Peraturan Daerah No.17 tahun 2017 tentang pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Penghapusan Barang Milik Daerah dari daftar barang yang merupakan tindakan menertibkan keputusan dari pejabat yang berwenang untuk membebaskan Pengelola Barang, Pengguna Barang dan/atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik atas barang yang berada dalam penguasaannya.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here