Home Berita Umum DPMPTSP KOTA SUKABUMI IKUTI MUSRENBANG PERUBAHAN RPJMD KOTA SUKABUMI 2018-2023 SECARA VIRTUAL

DPMPTSP KOTA SUKABUMI IKUTI MUSRENBANG PERUBAHAN RPJMD KOTA SUKABUMI 2018-2023 SECARA VIRTUAL

Kamis tanggal 19 November 2020 Bappeda Kota Sukabumi menyelenggarakan Musrenbang perubahan RPJMD. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi tahun 2018 – 2023 direvisi. Pembahasan revisi dilakukan dalam Musrenbang di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, jalan Sarasa No.9 Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Revisi RPJMD dilakukan karena adanya perubahan kebijakan nasional dan dampak pandemi Covid-19. Kegiatan ini menghadirkan unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik secara langsung maupun virtual. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Hadi Sasono.,A.P. Sekretaris dan Krishna Dwipayana.,S.T. Kabid Informasi dan Pengaduan.

Kegiatan ini dipimpin langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Beliau menjelaskan, revisi RPJMD dilakukan mengingat adanya perubahan kebijakan nasional dan dampak pandemi Covid-19.

Empat alasan yang membuat proses RPJMD perlu direvisi yaitu :

  1. Apabila perumusan tidak sesuai, namun di Kota Sukabumi semuanya sudah sesuai perumusan dan bukan dari alasan ini.
  2. Subtansi yang dirumuskan tidak sesuai dan ini juga bukan menjadi alasan revisi.
  3. Sisa masa berlaku lebih atau sama dengan 3 tahun, namun sekarang masih memenuhi belum genap 2 tahun.
  4. Terjadi perubahan mendasar terutam perubahan kebijakan nasional dan pandemi Covid-19 yang membuat revisi RPJMD 2018 – 2023 perlu dilakukan.

Perubahan RPJMD ini adalah yang mampu beradaptasi menyesuaikan kondisi wilayah dan diharapkan tidak berdampak pada pembangunan di wilayah. Sebaliknya, perubahan RPJMD diharapkan akan melahirkan akselerasi percepatan pembangunan di tengah pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir. Isu strategis dalam RPJMD Kota Sukabumi, termasuk Jawa Barat adalah rehabilitasi dan rekontruksi dampak pandemi Covid-19. Selain itu penanganan dan pemulihan dalam konteks luas, bukan hanya kesehatan dan ekonomi.

Sebelum revisi RPJMD ini disampaikan ke DPRD, Pemerintah Kota Sukabumi akan meminta informasi, masukan, saran dan pendapat peserta dalam Musrenbang untuk memperkaya khazanah dan menyempurnakan perubahann RPJMD.

“Pemerintah Kota Sukabumi berharap kolaborasi yang diupayakan semakin solid dan jadi bagian saling menguatkan satu sama lain, dengan tetap menggulirkan program unggulan. Khususnya dalam mewujudkan Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera atau Sukabumi Renyah”.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kabid Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here