Home Berita Umum DPMPTSP SIAP MENINGKATKAN KUALITAS LPPD DAN IKK TAHUN 2019

DPMPTSP SIAP MENINGKATKAN KUALITAS LPPD DAN IKK TAHUN 2019

Pemerintah Daerah Kota Sukabumi menggelar pertemuan kegiatan Bimbingan Teknis Tata Cara Penyusunana Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) Tahun 2019 yang dilaksanakan dari Tanggal 9 s/d 10 Oktober 2019, di Hotel La Grande Jl.Merdeka No.25-29 Kota Bandung, dengan peserta berjumlah 62 orang yang terdiri dari Kepala Bagian Tata pemerintah, Kasubag Keuangan dan Perencanaan di Perangkat Daerah dan Kecamatan. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Arisandi.,S.T Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan, Pudy Anindiati Sutangsa.,S.AB Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dan Wahyuningsih.,S.Pd.

Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah merupakan amanat Pasal 9 Ayat 1 UU No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, dimana Kepala Daerah berkewajiban untuk memberikan LPPD kepada Pemerintah setelah berakhirnya tahun anggaran. Demikian dikatakan Asisten Daerah 1 Drs.H.Andri Setiawan.,M.M ketika membuka Acara Bimbingan Teknis Tata Cara Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Pengisisn Indikator Kinerja Kunci (IKK)  Tahun 2019.

LPPD sendiri merupakan Laporan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah selama 1 (satu) tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang disampaikan oleh Kepala Daerah. Pemerintah Daerah mengisi realisasi capaian masing-masing indikator yang telah ditetapkan tersebut serta mempublikasikannya kepada masyarakat. Indikator LPPD yang diapresiasi oleh Pemerintah Pusat yakni pelaksanaan urusan wajib serta pilihan dan pembantuan dari mulai menyusun rancangan kebijakan sampai dengan implementasi kebijakan yang diterapkan Pemerintah Kota Sukabumi.

Dalam kegiatan inipun disampaikan capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang digambarkan dalam Indikator Kinerja Kunci (IKK), guna mengetahui capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah Daerah yang akuntabel dan didukung oleh bukti kinerja. Pemerintah Kota Sukabumi mendapat Penghargaan Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Tiga, dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah berdasarkan LPPD Tahun 2016, naik secara signifikan dengan Status Kinerja Sangat Tinggi Bintang Tiga, kendati secara peringkat berada pada urutan 11 dari 93 kota yang dinilai, tahun ini ditargetkan Kota Sukabumi masuk ke dalam peringkat 10 besar nasional tingkat Kota se-Indonesia.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M

Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here