Home Berita Umum FGD PENYUSUNAN DISAGREGASI PEMBENTUKAN MODAL TETAP BRUTO (PMTB)

FGD PENYUSUNAN DISAGREGASI PEMBENTUKAN MODAL TETAP BRUTO (PMTB)

Investasi merupakan salah satu pilar dalam mendorong perekonomian, sehingga eksistensinya menjadi motor pendukung bagi aktivitas ekonomi bangsa. Sinergitas antara institusi pemerintah dan swasta menjadi faktor kunci untuk mendorong pergerakan arus modal. Pemerintah dapat mengkondisikan iklim usaha yang kondusif dengan memberikan dukungan berupa kebijakan yang tepat dan konsisten sehingga seluruh pelaku usaha merasakan dampak signifikan dalam pengembangan atau menghasilkan inovasi baru di dalam proses bisnisnya. Hal ini pada akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan investor baik PMA maupun PMDN untuk berinvestasi dan peningkatan volume ekspor untuk menambah devisa negara.

Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Jawa Barat menggelar FGD Penyusunan Disagregasi PMTB yang dilaksanakan di Hotel Horison ruang Krakatau Jalan Siliwangi No.68 Kebonjati Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Acara ini berlangsung pada hari Jumat tanggal 22 November 2019. Rapat ini diikuti oleh 9 SKPD Kab/Kota Sukabumi, BPS Kab/Kota Sukabumi dan para pengusaha Kab/Kota Sukabumi. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Krishna Dwipayana.,S.T Kabid  Informasi dan Pengaduan dan Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M. Kasi Data dan Informasi.

Dalam sambutan yang di buka oleh Ir.Suhardono Kardono Kepala BPS Kota Sukabumi mengatakan bahwa Prioritas Nasional Tahun 2019, yaitu “Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi melalui Pertanian, Industri dan Jasa Produktif Lainnya”, program “Percepatan Peningkatan Ekspor dan Nilai Tambah Industri Pengolahan”, kegiatan Perbaikan Iklim Usaha dan Peningkatan Investasi, dibutuhkan data investasi fisik atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang dirinci menurut sektor institusi dan lapangan usaha. Sehubungan kebutuhan data tersebut maka BPS akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh informasi dan data dalam rangka mendukung Penyusunan Disagregasi PMTB sebagai dasar untuk perumusan berbagai kebijakan dan analisis investasi secara makro maupun mikro. Data ini bisa dilihat melalui sensus.bps.go.id.

Pada kesempatan ini pula hadir para narasumber ahli yang terdiri dari PTPN VIII Kebun Pasirbadak, PTPN VIII Kebun Sukamaju dan PT CJ PIA.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here