Home Berita Umum FORUM PERANGKAT DAERAH DPMPTSP: MENJAWAB ISU STRATEGIS KOTA SUKABUMI

FORUM PERANGKAT DAERAH DPMPTSP: MENJAWAB ISU STRATEGIS KOTA SUKABUMI

Forum Perangkat Daerah merupakan forum singkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan fungsi perangkat daerah Kabupaten/Kota dan kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrembang RKPD Kota Sukabumi di Kecamatan. Forum Perangkat Daerah DPMPTSP memiliki peran yang penting dan strategis sebagai upaya sinkronisasi dari prioritas kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di tingkat Kota Sukabumi. Kegiatan ini merupakan tahapan penting sebagai rangkaian penyusunan perencanaan di tingkat kelurahan maupun kecamatan, melalui kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang). Oleh karena itu, peran aktif perangkat di tingkat kecamatan sangat diharapkan, guna memastikan semua usulan masyarakat menjadi agenda pembahasan sekaligus sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

DPMPTSP Kota Sukabumi kembali menggelar Forum Perangkat Daerah dengan tema “Pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya saing daerah”. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin tanggal 2 Maret 2020 di Kantor DPMPTSP jalan Mayawati Atas No.11 Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole  Kota Sukabumi, merupakan forum kegiatan tahunan yang diselenggarakan yang bertujuan untuk menetapkan rencana arah kebijakan dan perencanaan pembangunan perizinan dan penanaman modal.

Acara ini dibuka oleh Kepala DPMPTSP Drs.Beni Haerani.,M.M. beliau mengatakan “Forum perangkat daerah merupakan momen sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu strategis. Disisi lain, perangkat daerah harus mampu menyusun perencanaan yang terintegrasi dan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah.

Tahapan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian perencanaan kelurahan dan kecamatan atau musrenbang yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, kehadiran kecamatan diharapkan dapat memastikan bahwa usulan-usulan masyarakat menjadi agenda pembahasan sampai dengan menjadi agenda keputusan dalam Forum Perangkat Daerah,” ujarnya.

Selanjutnya Beliau mengatakan, melalui Forum Perangkat Daerah diharapkan terwujud optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan prioritas pelaksanaan pembangunan daerah, serta menyesuaikan pendanaan berdasarkan pagu indikatif masing-masing perangkat daerah.

Hal itulah yang harus menjadi perhatian bersama seluruh perangkat daerah agar dapat memilah prioritas kegiatan pembangunan yang sumber pendanaannya dari APBD ataupun APBN, yang nantinya akan termuat dalam rancangan kerja perangkat daerah menurut kecamatan dan kelurahan.

“Jadi, forum perangkat daerah menjadi sangat penting dan strategis, karena segala prioritas pelaksanaan kegiatan pembangunan harus berjalan selaras dengan maksud dan tujuan dari misi pembangunan kepala daerah terpilih,” pungkasnya.

Beliau juga berharap tahun ini mampu merumuskan beberapa kebijakan-kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan Kota Sukabumi  menuju arah yang lebih baik dan dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah ini diisi pula dengan paparan materi yang disampaikan oleh para narasumber dari Bappeda maupun tiga bidang yang ada di DPMPTSP, yaitu:

  • Yanto Arisdiyanto.,S.IP Kasubid Ekonomi bidang EPP Bappeda Kota Sukabumi
  • Kabid Penanaman Modal Drs. Sufiani
  • Kabid Pelayanan Perizinan Saepulloh.,S.Pd
  • Kabid Informasi dan Pengaduan Krishna Dwipayana.,S.T.

Adapun yang menjadi moderator pada kegiatan ini yaitu Krishna Dwipayana.,S.T, acara ini dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dan saran pendapat.

Dikatakannya, forum RKPD merupakan momen yang sangat strategis, untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan, yang mampu menjawab isu strategis. Disamping itu, perangkat daerah harus mampu menyusun perencanaan yang terintegrasi, serta harus mampu menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here