Home Berita Umum FRONT OFFICE UJUNG TOMBAK PELAYANAN PERIZINAN

FRONT OFFICE UJUNG TOMBAK PELAYANAN PERIZINAN

Front office atau resepsionis atau staff kantor depan adalah area depan sebuah pusat informasi dimana seorang atau sekelompok tamu tiba dan pertama kali bertemu atau berinteraksi dengan mereka. Karena letaknya berada di paling depan, area ini menjadi yang paling sibuk, paling sering dilihat dan berhubungan langsung dengan setiap tamu yang datang. Adapun front office juga disebut dengan guest service area (area pelayanan tamu), sementara yang bertugas disana biasa disebut dengan guest service agent atau front liner.

Pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kota Sukabumi, berupaya untuk dapat melayani kepentingan masyarakat dalam mengurus perizinan dengan sebaik mungkin dengan didasarkan kepada prinsip-prinsip pelayanan publik yaitu, transparan, akuntabilitas, partisipatif, kesamaan hak efisien, keseimbangan antara hak dan kewajiban serta profesional,sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih optimal.

Pelayanan perijinan penanaman modal berdampak besar terhadap peningkatan daya saing bangsa, maupun pengembangan ekonomi daerah. Pengembangan ekonomi daerah pada satu sisi terkait dengan implementasi kebijakan desentralisasi. Sementara pada sisi yang lain merupakan basis dalam memperkuat fundamental perekonomian negara. Dengan demikian, peran pemerintah daerah dalam pelayanan perijinan penanaman modal menempati posisi strategis dalam bingkai besar peningkatan daya saing bangsa.

Pada prakteknya, pelayanan perijinan pada penanaman modal di daerah seringkali dipandang sebagai instrumen budgeter untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sementara secara konseptual, pelayanan perijinan pada penanaman modal  dasarnya memiliki tiga fungsi utama.

Ketiga fungsi utama tersebut, yakni instrumen budgeter, melalui pemungutan pajak dan retribusi daerah, kemudian instrumen pembangunan untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat, dan yang terakhir sebagai instrumen pembinaan untuk menata keserasian pembangunan sektoral dan kewilayahan.

Pelayanan publik harus memenuhi nilai-nilai demokrasi, keadilan, transparansi, akuntabilitas dan mencerminkan keinginan masyarakat untuk dapat dilayani secara cepat dan dapat diakses dengan mudah dari manapun mereka berada.

Diinformasilan petugas FO ini diproyeksikan dapat menjalankan tugas sebagai customer service pelayanan informasi bagi masyarakat, seperti di DPMPTSP Kota Sukabumi, terlihat berbeda dari penampilan pegawai lainnya, mereka berpakaian khusus pada hari tertentu seperti pada petugas Front Office di perusahaan swasta kebanyakan. Adanya pakaian khusus ini merupakan arahan Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi Drs.Beni Haerani.,M.M. untuk diterapkan pada hari Selasa yang berhubungan  pelayanan masyarakat, guna memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.”Layanan prima kuncinya ada pada petugas FO. Di mulai pemahaman seluruh rangkaian pelayanan perizinan di DPMPTSP hingga bisa dilayani dengan sebaik-baiknya,” ungkap Drs.Beni Haerani.,M.M.

Tidak kalah penting, selain pemahaman yang baik mengenai tugasnya, mereka  diharapkan dalam melayani masyarakat diawali dengan senyuman, sebagaimana motto DPMPTSP Kota Sukabumi yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa “Senyum itu bernilai Ibadah”. Sikap ini harus ditumbuhkembangkan. Tidak berat tersenyum tulus sepenuh hati bagi masyarakat seperti senyuman kita pada keluarga tercinta”.

Harapannya, semua petugas FO mampu memberikan layanan terbaik tentang  informasi baik tentang perijinan, penanaman modal maupun pengaduan yang merupakan satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan di DPMPTSP Kota Sukabumi. Setiap customer atau masyarakat yang datang pulang harus dengan senyuman (tersenyum).

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kabid Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here