Home Berita Umum HOREEE…TAHUN 2020 KOTA SUKABUMI PUNYA PASAR RAKYAT JUARA

HOREEE…TAHUN 2020 KOTA SUKABUMI PUNYA PASAR RAKYAT JUARA

   Pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual lokal dengan pembeli untuk mengadakan suatu transaksi disertai tawar menawar sehingga tercapai kesepakatan harga. Belakangan ini, pasar tradisional mulai tersingkirkan akibat makin banyaknya minimarket dan supermarket. Bahkan sampai ditempat-tempat terpencil. Nggak heran, keberadaan pasar tradisional mulai dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Program revitalisasi pembangunan pasar yang tengah digarap Pemerintah Kota Sukabumi dipandang tepat agar mampu meningkatkan dan menggeliatkan ekonomi rakyat. Program yang satu ini dianggap mampu meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan utama mereka. Di sisi lain, revitalisasi pembangunan pasar diyakini juga mampu menarik kembali masyarakat modern yang sempat enggan berbelanja di pasar tradisional yang terkesan kumuh.

Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi menggelar rapat revitalisasi pembangunan Pasar Lembursitu yang dilaksanakan di Ruang rapat Kopdagrin  Jalan Suryakencana No.78 Kota Sukabumi. Acara ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 29 Januari 2020. Rapat ini diikuti oleh DPMPTSP, DPUPRPKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Pol.PP, Kecamatan Lembursitu dan Lurah Lembursitu. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Saepulloh.,S.Pd Kepala Bidang Pelayanan Perizinan, Sri Murni H.,S.K.M.,M.M Kepala Seksi Data dan Informasi, Iwan Setiawan.,S.E Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan.

Rapat yang dipimpin oleh Drs.Heri Sihombing Kepala Bidang Perdagangan Diskopdagrin  menyatakan bahwa revitalisasi pasar Lembursitu merupakan program yang tepat, dan bagus yang dilakukan pemerintah. Alasannya, ini bisa menarik kembali konsumen-konsumen supaya mau belanja ke pasar. Kemudian juga meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan utama. Hal ini  dikarenakan adanya perubahan perilaku konsumen, saat ini masyarakat cenderung memilih tempat berbelanja yang nyaman. Karena itulah, perbaikan fasilitas pasar mutlak diperlukan jika tidak ingin pasar rakyat kian sepi pembeli.  “Kalau pasarnya sudah langka terus sudah banyak yang rusak sana-sini, ini perlu ditingkatkan kembali dan diperluas kapasitasnya,” ujarnya.

Pasar Lembursitu yang berlokasi di jalan Pelabuhan II Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu, mengusung tema sebagai Pasar Rakyat Juara, dimana akan dibangun diatas tanah seluas ± 7.500 m2 dan luas bangunan sebesar  ± 964 m2 dengan jumlah kios yang akan dibangun sebanyak 100 unit.

Dengan makin ramainya Pasar Rakyat Juara Lembursitu, kesempatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk makin berkembang kian luas. Ini mengingat badan pengelola pasar tradisional kerap memiliki pola kemitraan dengan UMKM. “Keterlibatan pemerintah di sini penting, terutama bisa memicu perekonomian di wilayah yang dimotori UMKM,” imbuh Heri lagi.

Disamping itu ke depannya pemerintah akan terus mengembangkan Pasar Rakyat Juara berdasarkan suatu wilayah. Daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk lebih besar, ini mungkin perlu pasar tradisional yang lebih luas, kapasitasnya lebih tinggi.

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T(Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here