Home Berita Umum INOVASI DPMPTSP BAGI KOTA SUKABUMI DI NEW NORMAL LIFE

INOVASI DPMPTSP BAGI KOTA SUKABUMI DI NEW NORMAL LIFE

Saat ini inovasi sudah menjadi kebutuhan pemerintah pusat dan daerah. Inovasi lahir dari kebiasaan atau budaya kerja pemerintah yang masih menggunakan cara lama sehingga perbaikan pelayanan publik masih jalan di tempat.

Sudah pasti jika budaya kerja pemerintah yang monoton dan tidak kreatif akan berimbas pada kualitas pelayanan publik yang lama, berbelit-belit dan transaksional. Masyarakat juga sudah ikut berpartisipasi dalam memberikan kritik dan saran mengenai pelayanan publik yang sebaiknya lebih efektif dan efisien. Hal ini menunjukkan perlunya penguatan budaya kerja inovatif di level pemerintahan daerah.

New Normal Life sektor Perizinan fokus ke Pelaksanaan pelayanan perizinan di Kota Sukabumi telah melaksanakan penerapan New Normal Life (Tatanan Kehidupan Normal Baru), dengan menggunakan protokol Kesehatan yaitu mewajibkan pemohon perizinan untuk menggunakan masker, melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pemohon perizinan dan petugas, menyediakan hand sanitizer, resepsionis selalu melakukan sterilisasi pada alat yang akan digunakan oleh pemohon perizinan, petugas selalu menggunakan sarung tangan dan masker dan atau Face Shield. Tujuannya adalah agar dapat mencegah dan mengendalikan peyebaran COVID 19 di lingkup yang melaksanakan pelayanan langsung kepada masyarakat. Adapun manfaatnya untuk meminimalisir kontak fisik di lingkup Dinas yang melaksanakan pelayanan langsung kepada masyarakat

Kemendagri mengadakan Lomba Inovasi Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan tatanan normal baru dengan tajuk TUXODEVATION (Tutorial Exhibition Display Of Innovation) dalam rangka menuju  tatanan normal baru yang produktif dan aman Covid-19. Kota Sukabumi mengikuti 7 Sektor dari 7 Sektor yang dilombakan, adapun Sektor yang diikuti oleh Kota Sukabumi adalah :  sektor pasar tradisional, sektor pasar modern, sektor restoran, sektor perhotelan, sektor PTSP, sektor tempat wisata dan sektor transportasi umum. Ayo tonton videonya melalui link resmi, untuk Kota Sukabumi RENYAH.  Adapun link sektor PTSP yaitu  https://tuxedovation.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/detail_inovasi/11713.

Dalam  pembuatan video ini melibatkan : Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Sukabumi  sebagai narasumber, Unsur Karyawan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Sukabum  , Sukabumi Creative Hub), dan Masyarakat.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here