Home Berita Umum KOORDINASI DPMPTSP KOTA SUKABUMI DENGAN DPMPTSP KOTA BANJAR TENTANG INTEGRASI DPMPTSP DENGAN...

KOORDINASI DPMPTSP KOTA SUKABUMI DENGAN DPMPTSP KOTA BANJAR TENTANG INTEGRASI DPMPTSP DENGAN BPKAD

Izin penyelenggaraan reklame adalah Izin yang diberikan oleh DPMPTSP kepada orang pribadi atau badan untuk menyelenggarakan reklame di Kabupaten / Kota. Setiap orang atau badan hukum yang menyelenggarakan reklame wajib memiliki izin reklame.

Pajak reklame merupakan biaya yang harus dibayar agar mendapatkan izin penyelenggaraan reklame. Jika tidak membayar pajak reklame, siap-siap saja baliho atau spanduk akan diturunkan.

Atas dasar inilah, DPMPTSP Kota Sukabumi yang diwakili oleh Hadi Sasono.,A.P Sekretraris, Krishna Dwipayana.,S.T Kabid Informasi dan Pengaduan; Saepulloh.,S.Pd Kabid Pelayanan Perizinan dan Arisandi.,S.T Kasi Pengelolaan Pengaduan berkoordinasi dengan DPMPTSP Kota  Banjar pada hari Rabu-Kamis tanggal 12-13 Pebruari 2020  yang beralamat di Jalan  Jl. Brigjen M. Isa, SH No.Km.2, Purwaharja, Kota Banjar, tentang integrasi pelaksanaan pengelolaan izin reklame di DPMPTSP dan pembayaran pajak reklame di BPKAD.

Menurut sekretaris DPMPTSP Kota Banjar pelayanan perizinan reklame dilaksanakan melalui aplikasi e-STS DPMPTSP Kota Banjar, sedangkan pelayanan pembayaran pajak reklame dilaksanakan oleh BPKAD Kota Banjar. Izin reklame yang dikeluarkan sudah pasti pemohon akan membayar pajak reklamenya, tidak mungkin pemohon hanya akan membayar pajak reklamenya saja tanpa mengurus izin reklame, karena tidak notifikasi dari DPMPTSP Kota Banjar.

Pemerintah Daerah (DPMPTSP Kota Sukabumi) yang dalam hal ini melakukan terobosan  untuk memiliki aplikasi Host To Host, berarti telah dinilai mampu menyediakan aplikasi yang dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan pelanggaran-pelanggaran yang diakibatkan kurangnya komunikasi antara DPMPTSP dengan BPKAD melalui sarana IT, selain itu diusahakan untuk adanya penandatanganan secara elektronik (e-Signature) yang memiliki kekuatan hukum yang sah selayaknya tanda tangan basah.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here