Home Berita Umum KOORDINASI DPMPTSP KOTA SUKABUMI DENGAN DPMPTSP PROPINSI JAWA BARAT TENTANG IZIN TRAYEK...

KOORDINASI DPMPTSP KOTA SUKABUMI DENGAN DPMPTSP PROPINSI JAWA BARAT TENTANG IZIN TRAYEK KHUSUS KENDARAAN ONLINE

Sesuai amanat UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 5 dinyatakan bahwa Negara bertanggung jawab atas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan pembinaannya dilaksanakan oleh Pemerintah, yang meliputi perencanaan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan. Dalam hal penyediaan dan penyelenggaraan jasa layanan angkutan orang dalam trayek, pemerintah mengendalikannya dengan menerbitkan izin trayek. Hakekat diterbitkannya izin trayek oleh pemerintah adalah dalam rangka untuk :

  1. Memberikan jaminan bagi pengguna jasa angkutan untuk mendapatkan jasa angkutan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Untuk mewujudkan kepastian pelayanan jasa angkutan umum tersebut maka setiap operator harus dapat melaksanakan kewajiban yang telah ditetapkan.
  2. Memberikan perlindungan kepada penyedia jasa/operator dengan menjaga keseimbangan antara penyediaan angkutan (supply) dan permintaan angkutan (demand), agar perusahaan dapat menjaga dan mengembangkan usahanya.

Menindaklanjuti laporan masyarakat/ pengusaha tentang izin trayek khusus untuk kendaraan online, untuk itu DPMPTSP yang diwakili oleh Krishna Dwipaya.,S.T Kabid Informasi dan Pengaduan berkoordinasi dan konsultasi tentang hal tersebut ke DPMPTSP Propinsi Jawa Barat.

Adapun informasi yang di peroleh dari DPMPTSP Propinsi Jawa Barat sbb:

  1. Izin trayek online dikeluarkan oleh DPMPTSP Propinsi Jawa Barat melalui aplikasi Simpatik.
  2. Rekomendasi dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat, Adapun Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten sifatnya tidak wajib.
  3. Untuk keamanan/asuransi kendaraan wajib terdaftar di PT Jasa Raharja .

Hal yang mendasari izin trayek kendaraan online dikeluarkan oleh DPMPTSP Propinsi Jawa Barat, dikarenakan trayek yang laluinya melintasi beberapa Kota/Kabupaten. Misalnya untuk kendaraan Sukabumi melintasi Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here