Home Berita Umum KOORDINASI DPMPTSP KOTA SUKABUMI DENGAN KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA TENTANG...

KOORDINASI DPMPTSP KOTA SUKABUMI DENGAN KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA TENTANG E SIGNATURE

Salah satu fungsi penting Kementerian Komunikasi dan Informatika RI  yang berkaitan dengan informasi adalah penyebarluasan informasi nasional dengan menciptakan keterbukaan akses informasi dan membangun serta mengembangkan infra struktur telekomunikasi guna kepentingan seluruh warga negara.  Seiring dengan pesatnya perkembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta tuntutan akan ketersediaan layanan TIK diseluruh lapisan masyarakat, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan kewajiban pelayanan universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.

Di era digital ini semua dituntut serba cepat, tepat dan handal, namun tetap aman termasuk di dalam lingkungan kerja Pemerintahan. E Signature atau tanda tangan digital merupakan salah satu yang dapat mengantisipasinya, tidak memakan banyak waktu, biaya dan tidak berpotensi membuat banyak kesalahan. Berbeda dengan tanda tangan manual yang untuk mendapatkannya harus menggunakan pena, maka tanda tangan digital E Signature ini berupa serangkaian angka unik yang hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Jadi tidak akan ada dua tanda tangan digital E Signature yang sama. Tanda tangan digital E Signature dihasilkan oleh sebuah logaritma unik yang hanya pemiliknya saja yang bisa meng-generate.

Atas dasar inilah, DPMPTSP Kota Sukabumi yang diwakili oleh Krishna Dwipayana.,S.T Kabid Informasi dan Pengaduan; Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M Kasi Data dan Informasi dan Arisandi.,S.T Kasi Pengelolaan Pengaduan, Wahyuningsih.,S.Pd. berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2019 yang beralamat di Jalan  Medan Merdeka Barat No.9 Jakarta Pusat DKI Jakarta, tentang sertifikat penggunaan E Signature.

Menurut pihak/ karyawan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan untuk melindungi warga negara Indonesia saat melakukan transaksi ataupun membuat perjanjian secara elektronik, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi yang mengatur penggunaan tanda tangan digital, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 pasal 11 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Aplikasi yang digunakan adalah “Si Cantik”, dimana Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yaitu suatu lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, mempunyai tugas melaksanakan kegiatan Pemerintah dibidang pengkajian dan penerapan teknologi.

Sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, DPMPTSP Kota Sukabumi berkoordinasi dengan BPPT, cara mendapatkan E Signature yaitu dengan membuat surat permohonan yang ditanda tangani Sekda atau Kepala Daerah (Wali Kota Sukabumi). Formulir pendaftaran diisi dan di tandatangani Kepala Dinas PMPTSP yang dilengkapi dengan fc Karpeg. Adapun untuk penerbitan P12 tetap harus dilakukan di BPPT, dengan tanpa di pungut biaya.

Pemerintah Daerah (DPMPTSP Kota Sukabumi) yang dalam hal ini melakukan terobosan  untuk memiliki sertifikasi E Signature, berarti telah dinilai mampu menyediakan tanda tangan digital yang mampu memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah selayaknya tanda tangan basah di Indonesia.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here