Home Berita Umum KUNJUNGAN KERJA TIM DPMPTSP KOTA SUKABUMI KE DPMPTSP KABUPATEN KUNINGAN

KUNJUNGAN KERJA TIM DPMPTSP KOTA SUKABUMI KE DPMPTSP KABUPATEN KUNINGAN

Aplikasi SICANTIK Cloud, merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika guna mempermudah pelayanan perizinan secara online. SICANTIK merupakan singkatan dari Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik berupa sistem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara GRATIS. SICANTIK sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) untuk perizinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di DPMPTSP. Aplikasi SI Cantik disajikan dengan penggunaan yang lebih Mudah (User Friendly) karena berbasis Cloud yang dapat digunakan kapan saja. Selain itu, aplikasi ini juga fleksibel dan dinamis yang apat dikonfigurasi sesuai SOP pelayanan perizinan maupun non-perizinan di K/L/D. Kemudian, aplikasi ini Cloud Based & Maintenance Free yang tidak perlu menyediakan domain, server, hosting atau data center. Terakhir, infrastruktur dan keamanan Si CANTIK dikelola oleh Kementerian Kominfo. Aplikasi SICantik yang dikembangkan oleh Direktorat e-Government memiliki fitur antara lain mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan jenis perizinan yang diselenggarakan, pendaftaran izin secara online, tracking status perizinan, pengaduan online, serta pelaporan yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan.

Hal inilah yang mendasari rombongan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu se Jawa Barat  melakukan kunjungan kerja ke DPMPTSP Kabupaten Kuningan, pada hari Selasa tanggal 3 Maret 2020. DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Kepala DPMPTSP Drs.Beni Haerani,M.M. didampingi  Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Saepulloh.,S.Pd. dan tim teknis perizinan.

Kegiatan ini diterima oleh Wakil Bupati Kuningan dan Kepala DPMPTSP Kuningan. Dalam membuka acara studi banding implementasi Aplikasi SICANTIK Cloud yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) se-Jawa Barat, di Ballroom Grand Cordela Hotel Kuningan, Wakil Bupati Kuningan H.M.Ridho Suganda.,S.H.,M.Si  menegaskan bahwa melalui layanan perizinan yang cepat mudah dan menghindari praktek-praktek KKN, maka perizinan akan menjadi jalan masuk bagi investor.

“Saya minta DPMPTSP Kab. Kuningan dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat membawa masuk investasi bagi Kabupaten Kuningan dengan memberikan pelayanan perizinan yang mudah dan cepat,.Dengan banyaknya investasi masuk, secara otomatis akan menambah PAD bagi Kab Kuningan, sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih baik, paparnya. Diharapkan pengelolaan aplikasi SICANTIk Cloud dapat ditularkan ke Kabupaten/Kota lain, sehingga pelayanan perizinan akan semakin mudah dan sederhana.

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSP Jawa Barat, Rina Rahdiana Wati, SE., M.Si mengatakan, Kuningan merupakan kabupaten yang sudah menerapkan aplikasi SICANTIK Cloud dalam pelayanan perizinan. Bahkan Kab Kuningan sudah menerapkan tanda tangan digital.

“Kami hadir di Kabupaten Kuningan bersama rekan-rekan perwakilan dari DPMPTSP Kabupaten/Kota se-Jawa Barat pada intinya kami ingin mendapatkan informasi dan sharing cara menggunakan aplikasi SICANTIK Cloud beserta kendala-kendala yang ada pada aplikasi tersebut,” ujarnya. Acara tersebut, dihadiri Kepala DPMPTSP Kab.Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd, dan perwakilan DPMPTSP Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here