Home Berita Umum MEMBANGUN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT SEJAK DINI MELALUI PENYULUHAN HUKUM

MEMBANGUN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT SEJAK DINI MELALUI PENYULUHAN HUKUM

Membangun kesadaran hukum masyarakat merupakan tugas bersama yang harus terus dilakukan. Upaya membangun kesadaran hukum masyarakat tersebut salah satunya dilakukan melalui penyuluh hukum. Beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya kesadaran hukum bagi masyarakat yakni pengetahuan tentang hukum dan ketaatan masyarakat terhadap hukum. Indikator-indikator dari kesadaran hukum inilah yang sebenarnya merupakan petunjuk yang relatif kongkrit tentang taraf kesadaran hukum.

Sekretariat Daerah Kota Sukabumi bagian Hukum mengadakan kegiatan penyuluhan Hukum bagi aparat kelurahan dan masyarakat, dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pemahaman mengenai produk hukum daerah Kota Sukabumi, yang dilaksanakan di Ruang Ooproom Setda Kota Sukabumi Jalan R.Syamsuddin S.H No.25 Sukabumi. Acara ini berlangsung pada hari Rabu-Kamis tanggal 4-5 Maret 2020. Rapat ini diikuti oleh 50 orang dari masing-masing kelurahan (Kelurahan Cikole, Gunung Parang, Cisarua dan Kebonjati). DPMPTSP Kota Sukabumi turut menghadirkan Krishna Dwipayana.,S.T. Kabid Informasi dan Pengaduan dan Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M Kasi Data dan Informasi sebagai narasumber.

Pertemuan penyuluhan Hukum bagi aparat kelurahan dan masyarakat dibuka oleh Plt.Asda I Iskandar.,S.IP.,M.T menyatakan bahwa banyak sekali persoalan-persoalan yang kita rasakan baik langsung maupun tidak langsung berdampak pada tingginya kesadaran hukum disuatu wilayah akan memunculkan masyarakat yang beradab. Karena itu, kesadaran hukum perlu dibangun sejak dini, tidak harus menunggu setelah terjadi pelanggaran dan penindakan oleh penegak hukum. Upaya pencegahan ini sangat penting dan harus dimulai dari dalam keluarga sebagai bagian terkecil masyarakat.

Adapun sebagai narasumber pada kegiatan ini:

  • BNNK Sukabumi dengan tema Bersinergi menyelamatkan generasi dan menjaga negeri dari ancaman kejahatan Narkoba.
  • DPMPTSP Sukabumi dengan tema Mengenal program PMPT secara online (OSS).

Dengan diselenggarakannya kegiatan penyuluhan hukum ini maka kesadaran hukum masyarakat akan terlihat yakni, tidak adanya pelanggaran sehingga kehidupan yang ideal akan ditemui dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here