Home Berita Umum PELAYANAN PUBLIK SKPD TAHUN 2019 DI EVALUASI KEMENPAN RB

PELAYANAN PUBLIK SKPD TAHUN 2019 DI EVALUASI KEMENPAN RB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) melaksanakan kegiatan evaluasi pelayanan publik pada beberapa instansi pelayanan di Kota Sukabumi termasuk ke DPMPTSP Kota Sukabumi, evaluasi dilakukan oleh Tim Evaluator Kementerian PAN dan RB yang dilakukan dalam rangka Pelaksanaan Program Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bagi Pemerintah Daerah.

Tim Evaluator yang mengevaluasi Pelayanan Publik Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yaitu Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat Lilis Farida Sugiharti, S.H, M.Si. dan Astri Dewi Lestari, S.STP. didampingi Kepala Subbagian Ketatalaksanaan Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Sukabumi Retno Widayani, S.IP., M.PA. berkunjung ke Kantor DPMPTSP Kota Sukabumi Jl. Mayawati Atas Nomor 11 Kota Sukabumi pada Selasa (10/09/2019) berfokus pada Pemerintah Kabupaten, Kota dan Lembaga (Polres/ta/bes) Wilayah I Tahun 2019 dan diterima oleh Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan Krishna Dwipayana, S.T., Kepala Seksi Data dan Informasi Banyu Citra Anggara, S.H., M.M., Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan Arisandi, S.T.

Evaluasi pelayanan publik dilaksanakan dengan metode desk evaluation, observasi lapangan, dan mistery shopping dengan meninjau komponen penyelenggaraan pelayanan publik yaitu standar pelayanan dan maklumat pelayanan, survei kepuasan masyarakat, pengelolaan pengaduan, sistem informasi pelayanan publik, inovasi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana pelayanan, serta produktivitas dalam pencapaian target pelayanan. Selain evaluasi secara langsung, evaluasi juga dilakukan secara online dan diolah dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP).

Maksud dilakukan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik yaitu sebagai acuan bagi pembina/penanggungjawab penyelenggara pelayanan publik guna memperbaiki, dan menyempurnakan layanan yang sesuai dengan aspek penyelenggaraan pelayanan publik. Sedangkan tujuan dilakukan evaluasi untuk mengetahui capaian kinerja, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan melalui pemanfaatan hasil evaluasi, menjamin kualitas pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Sedangkan sasaran evaluasi ini diharapkan dapat meningkatnya tingkat kepatuhan penyelenggara, meningkatnya publikasi, pelayanan publik sesuai Standar Pelayanan, dan terwujudnya kepuasan masyarakat, meningkatnya penyelesaian pengaduan pelayanan publik.

Tahun 2018 lalu, DPMPTSP Kota Sukabumi diganjar penghargaan oleh Kementerian PAN dan RB sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik dengan Catatan Tahun 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here