Home Berita Umum PEMBAHASAN PERSIAPAN PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/ JASA TAHUN 2021

PEMBAHASAN PERSIAPAN PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/ JASA TAHUN 2021

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang selanjutnya disebut dengan Pengadaan Barang/Jasa adalah kegiatan untuk memperoleh Barang/ Jasa oleh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa.

Adapun tujuan pengadaan Barang/Jasa adalah :

  • Menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi dan Penyedia (value for money)
  • Meningkatkan penggunaan produk dalam negeri
  • Meningkatkan peran Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah.

Secara umum, pengadaan dimulai dari perencanaan, persiapan pengadaan, melakukan pengadaan (melalui swakelola atau pemilihan penyedia), pelaksanaan kontrak dan serah terima barang/jasa. Aktifitas-aktifitas yang termasuk dalam proses di atas, di antaranya identifikasi kebutuhan, melakukan analisa pasar, melakukan kualifikasi terhadap penyedia, melakukan tender, mengevaluasi penyedia, menetapkan pemenang, melaksanakan kontrak dan melakukan serah terima. Jenis pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 dibagi menjadi 4 kelompok besar yaitu Barang, Pekerjaan Konstruksi, Jasa Konsultasi dan Jasa lainnya.

Rabu, 27 Januari 2021 di Ruang Pertemuan DPMPTSP Kota Sukabumi yang beralamat di jalan Mayawati Atas No.11 Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Tim BPBJ Kota Sukabumi yang terdiri dari Jone Jama Thomas H.S.,S.E Kasubbag Pengelola Pengadaan Barang/Jasa; Ujang Miftahudin.,S.E Kasubbag Pengelola layanan Pengadaan Secara elektronik; dan Saepul Falah.,S.IP. diterima langsung Hadi Sasono.,A.P. Sekretaris beserta jajaran eselon 3 dan 4. Pada kesempatan ini pula Hadi Sasono.,A.P. memaparkan rencana kerja dan pendanaan DPMPTSP tahun anggaran 2021.

Pelaksanan ini dimaksudkan untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan pengadaan barang`/jasa dan dalam upaya mitigasi resiko pengadaan barang/jasa serta membahas persiapan dan penyampaian informasi perihal persiapan pelaksanaan pengadaan di tahun 2021.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kabid Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here