Home Berita Umum PROSPEK BISNIS HOTEL DI KOTA SUKABUMI MASIH MENARIK

PROSPEK BISNIS HOTEL DI KOTA SUKABUMI MASIH MENARIK

Bisnis hotel dan penginapan punya kelebihan dan risiko, sama halnya dengan bisnis-bisnis lainnya. Kelebihan ini yang harus dimaksimalkan oleh pebisnis untuk mendatangkan keuntungan, sedangkan resikonya yang harus diminimalisir adalah untuk mencegah kerugian. Bisa dibilang, bisnis hotel dan penginapan sebagai jasa yang tak ada matinya. Selama sektor pariwisata berjalan dengan baik, maka sektor akomodasi seperti perhotelan ini ikut hidup. Kedua sektor tersebut memang tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Segmen pasar bisnis ini juga bukan cuma para wisatawan. Mereka para pebisnis, pengusaha, dan pejabat yang sedang melakukan perjalanan dinas ke luar kota juga berpotensi menjadi sumber pendapatan hotel dan penginapan. Jika wisatawan bisa digaet pada akhir pekan, maka segmen pasar lainnya itu biasanya menginap pada hari kerja.

Selain segmen pasar yang beragam, bisnis ini juga memiliki kelebihan lain. Sebagaimana bisnis properti, nilai bangunan dan tanah hotel semakin tahun akan semakin meningkat. Tak adanya penyusutan inventaris utama bisnis ini tentu menjadi kelebihan tersendiri.

DPMPTSP Kota Sukabumi menerima permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) a.n. Erwan Dwiyansyah untuk pembangunan Botram Hotel Galery di atas luas bangunan  (± 966  m2) dan luas tanah (±1,700 m2) yang berlokasi di Jl. Bhayangkara RT.02 RW.14 Kelurahan Sriwidari Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi. Atas permohonan tersebut, untuk memastikan permohonan bentuk investasi di Kota Sukabumi dalam bentuk pembangunan hotel berjalan dengan lancar, sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan, dan melaksanakan prinsip kemudahan berusaha (ease doing of business).

 

Rapat teknis ini dilaksanakan dengan system jemput bola, yaitu tim perizinan DPMPTSP  mendatangi SKPD terkait, guna mendapatkan rekomendasi terhadap pembangunan hotel. Adapun unsur anggota Tim Teknis lintas SKPD yang memberikan rekomendasi diantaranya DPUPRPKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP, BPBD, Kecamatan Gunung Puyuh, Kelurahan Sriwidari.

 

Adapun hasil pembahasan dan kajian dari Tim Teknis Perizinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya serta persyaratan yang sudah ditetapkan sebagaimana dapat kami simpulkan bahwa :

  1. Semua saran dan masukan Tim Teknis Perizinan agar dilaksanakan;
  2. Semua kajiaan teknis yang telah terbit agar dipatuhi dan dilaksanakan;
  3. DPMPTSP akan mengeluarkan Izin apabila rekomendasi dari instansi terkait sudah dipenuhi;

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T(Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here