Home Berita Umum RAKOR PENYUSUNAN KLHS RPJMD 2018-2023

RAKOR PENYUSUNAN KLHS RPJMD 2018-2023

Untuk menjaga keberlangsungan sumber daya dan menjamin keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, mutu hidup generasi masa kini  serta generasi masa depan, pemerintah daerah menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dengan memperhatikan prinsip  dan tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinas Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Tahun 2018-2023 di meeting room Maxone Hotel Senin (23/07/2018) Jl. Siliwangi Nomor 90 Kota Sukabumi.

Penyusunan KLHS ini dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

KLHS merupakan rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip Pembangunan Berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau Kebijakan, Rencana, dan/atau Program, sementara RPJMD  adalah  dokumen perencanaan Daerah untuk periode 5 (lima) tahun, dengan demikian KLHS dalam RPJMD Kota Sukabumi adalah analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke dalam dokumen RPJMD Kota Sukabumi tahun 2018-2023.

DLH Kota Sukabumi dalam menyusun KLHS RPJMD, dilakukan dengan mekanisme pembentukan tim pembuat KLHS RPJMD, pengkajian Pembangunan Berkelanjutan, perumusan skenario Pembangunan Berkelanjutan dan penjaminan kualitas, pendokumentasian dan validasi KLHS RPJMD. Oleh karenanya beberapa unsur dinas/instansi terkait, akademisi, dan pemerhati lingkungan dilibatkan dalam penyusunan KLHS tersebut.

Rapat koordinasi yang dibuka langsung oleh Kepala DLH Kota Sukabumi Drs. Adil Budiman, M.Si., menghadirkan narasumber yaitu Dr. Akhmad Riqqi, S.T.M.T., Ahli Teknik Geodesi dan Geomatika ITB dan Ety Setyorini, S.H., Kasubdit lingkungan Hidup Bina Bangda Kemendagri. Adapun DPMPTSP Kota Sukabumi mewakilkan Hendry Iman, S.STP. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Krishna Dwipayana, S.T. Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan untuk menghadiri acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here