Home Berita Umum RAKORNAS INVESTASI TAHUN 2020 : DPMPTSP MENJADI RANGKING PERTAMA DARI SELURUH KANTOR...

RAKORNAS INVESTASI TAHUN 2020 : DPMPTSP MENJADI RANGKING PERTAMA DARI SELURUH KANTOR DI DAERAH

Badan Koordinasi Penanaman Modal RI kembali mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi tahun 2020 yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 Pebruari 2020 di The Ritz Carlton Jakarta Pacifik Place SCBD Jalan Jendr.Sudirman Kav.52-53 Jakarta 12190. Rakornas besar ini menghadirkan Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Para Mentri, Kepala Daerah baik Gubernur maupun Walikota/Bupati, Para Sekda dan Kadis DPMPTSP. Kota Sukabumi menghadirkan Bapak Wali Kota H.Achmad Fahmi, Drs.H.Dida Sembada.,M.M Sekda dan Dra.Hj.Sufiani Kabid Penanaman Modal DPMPTSP.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, melaporlan hasil realisasi investasi sepanjang 2019 di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahlil menyebut hasil realisasi investasi sepanjang 2019 telah melebihi target yang ditetapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Adapun poin-poin utama yang disampaikan oleh Kepala BKPM antara lain:

  • Pertama, mengusulkan perlunya Dana Alokasi Khusus (DAK) karena DPMPTSP Provinsi dan Kabupaten/ Kota merasa sebagai pejabat kelas 3 di daerah padahal mereka memiliki tugas menangani investor.
  • Kedua, Promosi investasi belum mempunyai peta sumber daya potensial untuk dipromosikan.
  • Ketiga, setiap investor yang akan memulai usahanya harus melibatkan pengusaha-pengusaha di daerah, sehingga dapat meningkatkan realisasi investasi dan terjadinya pemerataan investasi di daerah.

Menanggapi hal tersebut, disela-sela membuka acara Presiden Jokowi mengabulkan permintaan Kepala BKPM bahwa PTSP akan diberikan DAK. Anggaran ini dapat dipakai untuk sosialisasi, memperbaiki manajemen sistem dan meningkatkan kecepatan pelayanan investasi. “Saya ingin PTSP menjadi rangking 1 dari seluruh kantor di daerah. Tapi harus benar-benar dipakai untuk melayani, namun juga menyelesaikan masalah-masalah yang dialami investor,” tegas Jokowi.

RAKORNAS Investasi 2020 hari ini juga melaksanakan penandatanganan MoU antara BKPM dengan Kapolri tentang Bantuan Pengamanan dan Penyelesaian Permasalahan di Bidang Penanaman Modal. Hal ini diharapkan dapat memberikan perlindungan hukum terhadap upaya kriminalisasi aparat pemerintah yang memberikan layanan perizinan.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here