Home Berita Umum RAPAT KONSOLIDASI DATA REALISASI INVESTASI TERKAIT AKSELERASI PENCAPAIAN TARGET INVESTASI

RAPAT KONSOLIDASI DATA REALISASI INVESTASI TERKAIT AKSELERASI PENCAPAIAN TARGET INVESTASI

Pembangunan ekonomi memerlukan dukungan investasi yang merupakan salah satu sumber utama pertumbuhan ekonomi. Kegiatan penanaman modal menghasilkan investasi yang akan terus menambah stok modal (capital stock). Peningkatan stok modal akan meningkatkan produktivitas, kapasitas, serta kualitas produksi, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Untuk itu diperlukan upaya yang luar biasa dalam meningkatkan investasi sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Barat.

DPMPTSP Propinsi Jawa Barat menyelenggarakan rapat konsolidasi data realisasi investasi terkait akselerasi pencapaian target investasi yang diikuti Kabupaten/Kota se- wilayah I Bogor Jawa Barat pada hari Kamis tanggal 26 November 2020 di Hotel Horizon jalan Siliwangi no.68 Kelurahan Kebonjati Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. DPMPTSP Kota Sukabumi turut hadir langsung Drs.Beni Haerani.,M.M. selaku Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi, didampingi Cecep Iskandar.,S.IP.,M.M. Kasi Promosi dan Potensi Penanaman Modal dan Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M. Kasi Data dan Informasi

Acara ini dibuka oleh Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad. Adapun pada kesempatan ini Noneng Komara Nengsih.,S.E.,M.AP. Kepala DPMPTSP Propinsi Jawa Barat turut memberikan sambutan. Beliau mengatakan bahwa Jawa Barat menjadi wilayah yang paling menarik bagi investor untuk berinvestasi. Hal itu terlihat dari realisasi investasi Jawa Barat yang tertinggi di Indonesia. Bahkan, berkontribusi terhadap ekonomi nasional. Jawa Barat masih paling menguntungkan dalam hal investasi, kalau melihat ICOR (Incremental Capital Output Ratio), Jawa Barat di level 4. Bahkan secara indikator, invetasi di Jawa Barat sangat efisien, baik dari lahan, akses, dan infrastruktur yang sangat baik, termasuk produktifitas tenaga kerjanya. Supply chain sangat dekat, bahan baku murah, market besar, dan usia produktif melimpah, sehingga banyak pilihan untuk memeroleh tenaga kerja ahli dan produktif. Harapannya, lewat berbagai hal yang dibahas dalam rapat ini, investasi bisa semakin berkualitas, termasuk berpengaruh terhadap tenaga kerja, kemiskinan, dan ekonomi. Bukan hanya mengambil porsi investasi besar, tapi harus berdampak kepada masyarakat sekitar juga. Kegiatan rapat ini sengaja dibuat per wilayah, sebab, rapat ini lebih fokus membahas isu terkini dan investasi di wilayah masing masing daerah. Jadi dalam rapat ini, membahas realisasi investasi dan isu terkini di wilayah masing masing. Jadi semuanya bisa didiskusikan dan memberikan masukan dalam rapat ini.

Diakhir kegiatan, masing-masing DPMPTSP Kabupaten/Kota se-wilayah I Bogor menyampaikan laporan, begitupula DPMPTSP Kota Sukabumi menyampaikan laporannya langsung oleh Drs. Beni Haerani.,M.M. Adapun  laporan yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  • Upaya peningkatan realisasi investasi di Triwulan IV tahun 2020.
  • Data potensi investasi penanaman modal yang perlu dipantau
  • Proyek-proyek penanaman modal yang mangkrak
  • Isu terkini mengenai investasi di Kota Sukabumi.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kabid Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here