Home Berita Umum RAPAT PARIPURNA DPRD KOTA SUKABUMI MENYETUJUI RAPERDA TENTANG SPBE MENJADI PERDA

RAPAT PARIPURNA DPRD KOTA SUKABUMI MENYETUJUI RAPERDA TENTANG SPBE MENJADI PERDA

Menurut  Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang selanjutnya disingkat SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Aplikasi SPBE adalah satu atau sekumpulan program komputer dan prosedur yang dirancang untuk melakukan tugas atau fungsi Layanan SPBE. Pengguna SPBE adalah instansi pusat, pemerintah daerah, pegawai Aparatur Sipil Negara, perorangan, masyarakat, pelaku usaha dan pihak lain yang memanfaatkan Layanan SPBE. SPBE dilaksanakan dengan prinsip: efektivitas; keterpaduan; kesinambungan; efisiensi; akuntabilitas; interoperabilitas; dan keamanan.

DPRD Kota Sukabumi menyelenggarakan rapat Paripurna dengan agenda kerja menetapkan Rancangan Keputusan DPRD Kota Sukabumi mengenai  persetujuan terhadap Raperda Kota Sukabumi tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemerintah Daerah Kota Sukabumi menjadi Keputusan DPRD Kota Sukabumi yang definitif secara video conference pada hari Senin tanggal 2 November 2020. DPMPTSP turut menghadirkan Hadi Sasono.,A.P. Sekretaris beserta jajaran eselon 3 dan 4.

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi H.Andri Setiawan Hamami mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi tentang persetujuan atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektoronik (SPBE). Berlangsungnya rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Jona Arizona turut dihadiri Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada serta perwakilan unsur Forkopimda.

”Pelaksanaan SPBE merupakan amanah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE,” kata Wali Kota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, setelah pengesahan raperda. Lanjutnya. “E-government atau SPBE tercantum dalam RPJPD dan RPJMD sehingga keberadaan perda selaras dengan dokumen perencanaan pembangunan”.

Perda ini, bertujuan menjamin integrasi dan sinkronisasi teknologi informasi di pemda. Dengan ditetapkan Perda ini, dapat dijadikannya payung hukum bagi pemda untuk terus memajukan SPBE di Kota Sukabumi, Melalui rapat Paripurna tersebut, raperda SPBE akhirnya disetujui sebagai Perda untuk segera disosialisasikan. Perda SPBE akan menjadi acuan dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kabid Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here