Home Berita Umum RAPAT TIM TEKNIS PERIZINAN, DPMPTSP KOTA SUKABUMI TERIMA PERMOHONAN 3 INVESTOR

RAPAT TIM TEKNIS PERIZINAN, DPMPTSP KOTA SUKABUMI TERIMA PERMOHONAN 3 INVESTOR

DPMPTSP Kota Sukabumi kembali mengadakan rapat Tim Teknis Perizinan sekaligus bagi tiga (3) pemohon. Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan waktu pelayanan menjadi lebih baik tanpa mengurangi nilai keabsahan hasil rapat tersebut. Adapun pemohon/pelaku usaha yang mengajukan permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sdr. Hermanto Widjaja untuk Café; sdr.Yudha Sukmagara dari PT.Daya Utama Perkasa untuk SPBU dan sdri. Magdalena Jusak untuk Ruko.

Atas permohonan tersebut, seperti pada umumnya, Kepala DPMPTSP selaku Ketua Tim Teknis Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  yang terdiri dari berbagai unsur SKPD terkait diundang hadir pada rapat teknis pembahasan IMB untuk memberikan advice teknis dan saran pendapat atas permohonan tersebut, rapat juga bertujuan untuk memastikan permohonan bentuk investasi di Kota Sukabumi berjalan dengan lancar, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan mudah (ease doing of business).

Rapat tim teknis diadakan pada hari Rabu (16/10/2019) di Ruang Rapat DPMPTSP Jl. Mayawati Atas Nomor 11 Kota Sukabumi. Adapun luas tanah, bangunan dan lokasi yang di rencanakan para pelaku usaha/investor adalah sebagai berikut :

  • Untuk pembangunan Café direncanakan di atas tanah seluas  ± 1.046 m2 dan bangunan seluas ± 1.455 m2 yang berlokasi di Jl. RE.Martadinata Kel. Gunung parang Kec. Cikole Kota Sukabumi.
  • Untuk pembangunan SPBU direncanakan di atas tanah seluas ± 722 m2 dan bangunan seluas ± 450 m2 yang berlokasi di Jl. Pelabuhan II Kel.Warudoyong Kec.Warudoyong Kota Sukabumi.
  • Untuk pembangunan Ruko direncanakan di atas tanah seluas ± 173 m2 dan bangunan seluas ± 330 m2 yang berlokasi di Jl.A.Yani Gg.Limus Kel.Kebonjati Kec.Cikole Kota Sukabumi.

Untuk melengkapi pengajuan, pemohon harus melengkapi berkas diantaranya Nomor Induk Berusaha (NIB), Rekomendasi Lingkungan Hidup (UPL buat Café, PU/PL buat SPBU dan SPPL buat Ruko), Surat Kesesuaian Tata Ruang Kota (SKRK), Rekomendasi Dinas Perhubungan Andalalin, Rekomendasi Camat, Surat Pernyataan Tidak Keberatan warga setempat diketahui RT, RW, Lurah dan unsur Muspika, bukti lunas PBB tahun berjalan, Status Tanah/ nama Pemilik Tanah/Bangunan dan gambar teknik sipil dan detail konstruksi rencana bangunan.

Anggota Tim Teknis lintas SKPD yang hadir diantaranya ATR/BPN, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPRPKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Satpol PP, BPBD, Bagian Hukum, Kecamatan Cikole, Kecamatan Warudoyong, Kelurahan Gunungparang, Kelurahan Kebonjati, Kelurahan Warudoyong dan unsur Kepala Bidang dan Kepala Seksi DPMPTSP Kota Sukabumi yang selanjutnya diberikan kesempatan secara bergantian dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi Drs. Beni Haerani, M.M. untuk memberikan tanggapan dan saran masukan dalam rencana pembangunan usaha yang dimaksud. Beberapa saran yang ditekankan seperti persetujuan/ ijin masyarakat sekitar, pelibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan pembangunan, mendaftarkan/melindungi pekerja dalam program BPJS, memperhatikan upah yang disesuaikan UMK Kota Sukabumi, memperhatikan Amdal dan penggunaan lahan parkir yang ramah lingkungan serta memperhatikan keselamatan pekerja sesuai Perda Nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Penanggulangan bencana/kebakaran.

Diakhir pertemuan Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi Drs.Beni Haerani.,M.M menginginkan agar para pelaku usaha/investor mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi di Kota Sukabumi, dan untuk SKPD/Instansi terkait dapat memfasilitasi persyaratan yang mendukung terbitnya IMB.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M

Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here