Home Berita Umum THR CAIR, UMKM DAN RITEL DI KOTA SUKABUMI MAKIN BERGELIAT

THR CAIR, UMKM DAN RITEL DI KOTA SUKABUMI MAKIN BERGELIAT

Dengan telah dibayarkannya Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan bagi pegawai instansi Pemerintah, Guru, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, Pensiunan, dan karyawan swasta di Kota Sukabumi, sentra ekonomi bidang UMKM dan Ritel di Kota Sukabumi tampaknya semakin bergeliat.

THR yang diterima, dipercaya sebagai salah satu stimulus fiskal bagi pertumbuhan ekonomi di daerah, karena terdapat kondisi peningkatan konsumsi rumah tangga dan meningkatnya daya beli masyarakat.

Pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja. Hal ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja, buruh, dan keluarganya dalam merayakan hari raya Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Untuk teknis pelaksanaan pembayaran THR, Pemerintah telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2019 bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan. Dalam edaran disebutkan, pengusaha yang terlambat atau tidak membayar THR Keagamaan dapat dikenai sanksi administrasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Terkait THR ASN, Pemerintah Kota Sukabumi telah membayarkan tepat waktu atau tanggal 24 Mei 2019, untuk itu pembayaran THR tepat waktu tersebut patut diapresiasi.

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja, juga membentuk Posko Satgas Pengaduan THR bagi pengaduan ketenagakerjaan pelayanan konsultasi dan penegakan hukum THR 2019, di Kantor Disnaker Kota Sukabumi, Jalan Ciaul Pasir Nomor 63 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, selain membentuk Posko Satgas, Satgas juga melakukan monitoring dan melakukan pengawasan ke lapangan dan perusahaan untuk memastikan pelaksanaan pemberian THR di Kota Sukabumi berjalan lancar.

Karena pemberian THR ini merupakan hak dan bersifat rutin setiap tahun, hendaknya setiap perusahaan mempersiapkan jauh-jauh hari.

Pemerintah Kota Sukabumi menghimbau kepada warga masyarakat penerima THR di Kota Sukabumi untuk dapat menghindari perilaku konsumtif dan tetap menjaga kekhusuan ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1440 H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here