Home Berita Umum TIM PENGADUAN DPMPTSP MENINDAKLANJUTI ADUAN MASYARAKAT TENTANG KEBERADAAN PAPAN REKLAME (ROKOK WAVE)

TIM PENGADUAN DPMPTSP MENINDAKLANJUTI ADUAN MASYARAKAT TENTANG KEBERADAAN PAPAN REKLAME (ROKOK WAVE)

Reklame papan atau billboard adalah reklame yang terbuat dari papan kayu, calli brete, vinyle termasuk seng atau bahan lain yang sejenis dipasang pada bangunan atau konstruksi reklame yang secara khusus dibangun dan diperuntukan bagi pemasangan dan penayangan reklame. Adapun ketentuan pemasangan iklan atau reklame media luar ruang pada dasarnya dituangkan dalam peraturan daerah setempat. Lokasi pemasangan reklame hendaknya ditempat yang strategis dan dititik yang banyak dilalui, namun tidak seluruh tempat boleh di pasangi reklame. Selain itu, untuk reklame produk tembakau seperti rokok, pemerintah daerah telah menentukan kawasan khusus untuk memasang reklame promosi produk tersebut. Selain itu, titik pemasangan reklame juga sebaiknya tidak menghalangi atau mengganggu bangunan yang di belakangnya karena akan mengganggu aktivitas lalu lalang warga masyarakat.

Dugaan adanya pemasangan papan reklame yang mengganggu aktivitas masyarakat direspons pihak tim pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi atas dasar pengaduan dari Saudari Nuke Nurulani yang beralamat BTN Jayaraksa Jalan Marga V Blok H No. 7  Sudajaya Hilir Kecamatan Baros terkait reklame Rokok Wave yang dipasang di depan tanah milik yang bersangkutan yang berlokasi di Gunung Karang Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi.

Setelah dilakukan kroscek data dan tinjauan ke lokasi reklame tersebut oleh Tim Pengaduan Perizinan  DPMPTSP Kota Sukabumi yang dipimpin oleh Kabid Informasi dan Pengaduan Krishna Dwipayana.,S.T. ternyata benar ada reklame yang berdiri di depan lahan Saudari Nuke Nurulaini, yang rencananya lahan tersebut akan dibangun klinik, kemudian Tim Pengaduan melakukan suatu tindakan yang berupa :

Ø  Berkoordinasi antara pemilik reklame dengan Saudari Nuke Nurulaini guna adanya kesepakatan untuk menggeser reklame rokok yang masih terpasang pada lokasi tersebut ke tempat lain yang tidak menghalangi pemilik lahan dibelakangnya.

Ø  Legalitas reklame tersebut izin tayangnya masih berlaku sampai dengan bulan Desember 2020.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here