Home Berita Umum TIM PENGAWAS PENGADUAN DPMPTSP CEK LAPANGAN: TINDAK LANJUT PENEGAKAN ATURAN ALIH...

TIM PENGAWAS PENGADUAN DPMPTSP CEK LAPANGAN: TINDAK LANJUT PENEGAKAN ATURAN ALIH FUNGSI IMB

Sesuai ketentuan yang berlaku, setiap bangunan wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sesuai dengan peruntukannya. Jika terjadi alih fungsi dari bangunan yang ada, maka wajib hukumnya si pemilik mengubah IMB-nya.

Misalnya, bangunan yang IMB-nya untuk gedung Futsal tapi digunakan untuk tempat gudang penyimpanan barang, wajib mengubah dokumen perizinannya sebelum melakukan alih fungsi sesuai dengan peruntukannya.

Adanya aduan dari masyarakat terkait alih fungsi gedung, pada hari Senin tanggal 8 Juni 2020 DPMPTSP yang diwakili oleh Tim Pengawas Pengaduan bersama aparat Kelurahan Warudoyong dan aparat Kecamatan warudoyong turun meninjau lokasi yang beralamat di jalan Pabuaran Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, guna menindaklanjuti aturan tentang mendirikan bangunan gedung yang alih fungsi dari gedung Futsal menjadi gudang penyimpanan barang.

Setelah dilakukan kroscek data dan tinjauan lapangan oleh tim pengawas  pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi yang dipimpin oleh Kabid Informasi dan Pengaduan diperoleh data sebagai berikut :

  1. Telah dilakukan koordinasi ke lapangan dengan aparat Kelurahan dan Kecamatan Warudoyong dalam hal ini langsung dengan Camat Warudoyong Ratna Hermayanti, S.STP, M.AP sekaitan dengan pengaduan terkait peralihan fungsi Gedung Futsal menjadi Gudang di Jalan Pabuaran Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi.
  2. Hasil pengecekan legalitas gudang tersebut, Nomor Induk Berusaha (NIB) sudah ada, Izin Usaha sudah ada, Tanda Daftar Gudang sudah ada, dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nya sudah ada.
  3. Dihimbau juga agar dalam pelaksanaan bongkar muat barang, agar tidak dilakukan pada malam hari, karena dapat mengganggu warga sekitar.
  4. Agar diperhatikan dalam hal parkir kendaraan besar, agar tidak diparkirkan di bahu jalan, dikarenakan jalan tersebut lumayan sempit dan dapat menimbulkan kemacetan.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here