Home Berita Umum TIM PENGAWAS PERIZINAN DPMPTSP TURUN MEMANTAU PEMBANGUNAN 3 (TIGA) PERUMAHAN DIKOTA SUKABUMI

TIM PENGAWAS PERIZINAN DPMPTSP TURUN MEMANTAU PEMBANGUNAN 3 (TIGA) PERUMAHAN DIKOTA SUKABUMI

Izin Mendirikan Bangunan atau IMB adalah dokumen yang berisi perizinan, yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah setempat kepada pemilik bangunan yang ingin membangun, merobohkan, menambah atau mengurangi luas, atau pun merenovasi suatu bangunan. Dalam hal ini Kepala Daerah telah mendelegasikan kepada Kepala DPMPTSP.

Rumah yang masih berstatus Hak Guna Bangunan (HGB), memiliki status hukum yang lebih rendah dibandingkan yang sudah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM). Untuk itulah banyak yang mengubah legalitas tanah dan bangunannya dari HGB menjadi SHM. Nah, IMB adalah salah satu dokumen persyaratan penggantian HGB menjadi SHM. Tanpa IMB, tentu tak bisa mengubah status hukum propertimu.

Hari Selasa tanggal 30 Juni 2020 DPMPTSP yang diwakili oleh Tim Pengawas Perizinan  turun mengawasi dan menemui ketiga Pemilik bangunan perumahan yaitu Perumahan Grand Malika yang berlokasi di Jalan Ciseureuh RT.03 RW.05 Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunung Puyuh; Perumahan Shifa Residence yang berlokasi di Jalan Palasari Kp.Rawey RT.03 RW.06 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong dan Perumahan Humanis Residence yang berlokasi di Kp.Rawa Bungur RT.02 RW.06 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu  guna menindaklanjuti aturan tentang mendirikan bangunan perumahan.

Setelah dilakukan kroscek data dan tinjauan lapangan oleh Tim Pengawas  DPMPTSP Kota Sukabumi yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Saepulloh.,S.Pd merekomendasikan:

  1. Agar pembangunan perumahan dibangun sesuai pengajuan site plant.
  2. Pelaku usaha diminta untuk mengajukan IMB bangunan peluasan dan renovasi dengan mengikuti ketentuan Peraturan Perundang-undangan terbaru yaitu memproses update perizinan melalui Online Single Submission (OSS).
  3. Setelah bangunan terisi semua dan PSU telah dipenuhi, maka disegerakan untuk serah terima kepada Pemda mengenai fasum fasosnya, disertai rekomendasi dari RAI.

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here