Home Berita Umum VIDEO TELEKONFERENCE HASIL EVALUASI REFORMASI BIROKRASI TAHUN 2019

VIDEO TELEKONFERENCE HASIL EVALUASI REFORMASI BIROKRASI TAHUN 2019

Bagian Ortala Pemda Kota Sukabumi beserta SKPD, mengikuti pembahasan rencana tindak lanjut hasil evaluasi RB. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PANRB RI) secara daring melalui video conference, di masing-masing kantor Dinas, pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2020. DPMPTSP menghadirkan Krishna Dwipayana.,S.T. Kabid Informasi dan pengaduan; Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M. Kasi Data dan Informasi.

Acara yang dibuka oleh Iskandar.,S.IP.,M.T. Plt. Asisten Pemerintahan ini mengatakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan capaian indeks Reformasi Birokrasi di Kota Sukabumi sebagai upaya langkah-langkah yang strategis dan prioritas dalam pelaksanaan RB selanjutnya. Kegiatan ini diikuti oleh 23 tim RB Kota Sukabumi dan 30 RB Tingkat Perangkat daerah. Dalam materi yang di sampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan bahwa Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 akan mengedepankan dua asas utama yaitu Fokus dan Prioritas. Fokus berarti bahwa upaya Reformasi Birokrasi akan dilakukan secara fokus pada akar masalah tata kelola pemerintahan. Prioritas berarti setiap instansi akan memilih prioritas perbaikan tata kelola pemerintahan sesuai dengan karakteristik sumber daya dan tantangan yang dihadapi, guna meningkatkan kualitas Road Map ini dibandingkan dengan Road Map sebelumnya, terdapat setidaknya tiga hal yang diperbaharui yaitu :

  • Pertama, Road Map ini lebih menekankan hal-hal yang bersifat implementatif dibandingkan dengan formalitas.
  • Kedua, program dan kegiatan didesain agar dapat diimplementasikan sampai dengan unit kerja instansi pemerintah.
  • Ketiga, analisis dilakukan secara lebih holistik, komprehensif, dan antisipatif sehingga didapatkan potret kemajuan, tantangan, dan permasalahan Reformasi Birokrasi yang lebih utuh.

Isu strategis Road Map 2020-2024 :

  1. Penyederhanaan struktur dan kelembagaan.
  2. Pemanfaatan teknologi digital.
  3. Pemindahan ibukota negara.
  4. 5 Arahan utama Presiden.

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi merupakan Program percepatan dalam bentuk inisiatif kegiatan yang menggambarkan percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh Kementrian/Lembaga/Pemda.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here