Home Seputar Penanaman Modal BPMPT KOTA SUKABUMI MENGHADIRI PEMBAHASAN DRAFT PERJANJIAN KERJA SAMA PEMANFAATAN LAHAN PEMASANGAN...

BPMPT KOTA SUKABUMI MENGHADIRI PEMBAHASAN DRAFT PERJANJIAN KERJA SAMA PEMANFAATAN LAHAN PEMASANGAN FIBER OPTIK DI KOTA SUKABUMI

Kota Sukabumi memang selalu menarik dalam hal investasi telekomunikasi, adalah 2 (dua) vendor besar Indonesia seperti PT. Indosat, tbk dan PT. Telkom, tbk berencana memperluas dan meningkatkan jaringan komunikasi masyarakat melalui kegiatan pemanfaatan lahan pemasangan fiber optik di Kota Sukabumi. Atas permohonan tersebut, agar mendapatkan feed back bermanfaat kepada Pemerintah Kota Sukabumi sebelum pelaksanaan kegiatan, dibahas draft perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan vendor tersebut pada rabu 2 Maret 2016 bertempat di Ruang Rapat UKS Setda Kota Sukabumi. Rapat yang dihadiri oleh anggota Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Kota Sukabumi dan dipimpin langsung oleh Sekda Kota Sukabumi HMN Hanafie Zain serta dihadiri juga oleh BPMPT Kota Sukabumi Plh. Kabid Informasi Pengaduan Krishna Dwipayana dan Kasubid Sistem Informasi BPMPT Banyu C. Anggara.

Pembahasan draft kerja sama ini dilakukan agar pelaksanaan pemanfaatan lahan yang akan digunakan vendor tersebut sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, tetap memperhatikan ketertiban, kebersihan, keselamatan, kenyamanan dan keindahan kota, mendukung kepada program Kota Sukabumi smart city, serta agar vendor bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan sampai dengan mengembalikan ke kondisi semula, serta apa yang vendor dapat berikan kontribusi yang dapat dinikmati masyarakat luas terhadap kegiatan ini. Dari negosiasi yang dilakukan, Pemerintah Kota Sukabumi meminta CSR dari vendor Indosat untuk memberikan mobil jenazah dan jaringan 2 core fiber optik dari jalur yang ada untuk keperluan konektivitas SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi serta memberikan kontribusi kepada PAD sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) per tahun. Untuk vendor PT. Telkom bentuk CSR atau kontribusinya masih dimatangkan kembali yang pada intinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Setelah draft kerja sama pemanfaatan lahan selesai disepakati bersama serta ditandatangani, vendor juga harus mengurus izin-izin dan biaya pajak/retribusi yang terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan, yang salah satunya adalah izin penggalian yang diurus di kantor BPMPT Kota Sukabumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here