Home Seputar Penanaman Modal DORONG INDUSTRI KEUANGAN YANG SEHAT, PEMKOT SUKABUMI DAN OJK TINGKATKAN KOLABORASI

DORONG INDUSTRI KEUANGAN YANG SEHAT, PEMKOT SUKABUMI DAN OJK TINGKATKAN KOLABORASI

Pemerintah Kota Sukabumi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), rapat tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan dalam rangka mengatasi permasalahan akses keuangan di Kota Sukabumi.

Kegiatan yang terlaksana pada Kamis (09/05/2019) PKL. 13.00 WIB di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi Jl. R. Syamsudin, S.H. Nomor 25 Kota Sukabumi, dipimpin langsung Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. dan dihadiri oleh Kepala SKPD, unsur BUMN, BUMD, dan perbankan. Hadir pada kesempatan tersebut Kabid Penanaman Modal Endang Toib, S.IP. dan Kabid Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi Krishna Dwipayana, S.T.

Dalam arahannya, Wali Kota Sukabumi berharap OJK, perbankan, dengan Pemerintah Daerah senantiasa melakukan kolaborasi dan koordinasi seperti kegiatan ini, serta menghimbau kepada perbankan atau lembaga permodalan untuk membuka pinjaman yang ringan bunga bahkan diupayakan tanpa bunga untuk masyarakat pelaku usaha UMKM, khususnya untuk para pedagang yang nanti menempati kios di Pasar Pelita Kota Sukabumi.

Sementara Pihak OJK Kantor Regional 2 Provinsi Jawa Barat yang berkantor di Jl. Ir. H. Juanda No.152 Kota Bandung ini mengatakan agar masyarakat senantiasa waspada terhadap bentuk investasi bodong serta model pembiayaan baru berbasis fintech (financial technology).

Selain melakukan pengawasan, Kantor Regional 2 Jawa Barat OJK terus melakukan edukasi dan perlindungan konsumen serta menjalankan program kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan inklusi keuangan, melalui TPAKD Provinsi Jawa Barat, dan TPAKD Kota Sukabumi yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Wali Kota Sukabumi. TPAKD tersebut ke depan diharapkan dapat meningkatkan Literasi Keuangan dan Pembukaan Akses Keuangan di Kota Sukabumi. Kantor Regional 2 Jawa Barat OJK juga memiliki Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Jawa Barat yang bertugas mengidentifikasi perusahaan-perusahaan terindikasi melakukan kegiatan investasi ilegal di beberapa daerah di Jawa Barat, memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk berinvestasi yang aman.

OJK sendiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan serta bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB (Industri Keuangan Non Bank). Sejak berdirinya lembaga OJK, banyak kebijakan yang telah diterbitkan untuk memperkuat peran sektor jasa keuangan sebagai katalis pertumbuhan, dengan tetap memberikan perhatian pada upaya penjagaan stabilitas sistem keuangan dan penguatan inklusi keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here