Home Seputar Penanaman Modal FOLLOW UP KUNJUNGAN PRESIDEN, MENHUB JANJI BANGUN TIGA INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI DI SUKABUMI

FOLLOW UP KUNJUNGAN PRESIDEN, MENHUB JANJI BANGUN TIGA INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI DI SUKABUMI

Menindaklanjuti kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo ke Kota Sukabumi pada moment Idul Adha lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkunjung ke Kota Sukabumi dalam acara Dialog Sinergi Membangun Bangsa “Merangkai Konektivitas Selatan Jawa”, Selasa  (7/11/2017) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Turut hadir pada acara Dialog tersebut Wakil Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Asmara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi, dan ratusan mahasiswa/mahasiswi dari 8 kampus di Sukabumi.

Menhub menyampaikan bahwa Pemerintah akan segera membangun tiga infrastruktur penting guna mendorong konektivitas transportasi di Sukabumi dan Jawa Bagian Selatan, yaitu pembangunan jalan tol, membuat jalur kereta api double track guna konektivitas Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung, dan akan membangun bandar udara. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada ketimpangan pembangunan antara daerah selatan dan Utara Jawa. Menhub menyebutkan bahwa pembangunan jalur kereta api double track tahap awal akan diselesaikan perlintasan kereta api di Cicurug pada akhir 2019.

Untuk agenda pembangunan tersebut Kementerian Perhubungan telah menyiapkan anggaran lebih dari 1,1 triliun yang berasal dari APBN. Untuk bandara ditargetkan pembangunannya selesai pada 2020 dan saat ini masih feasibility study (FS) sekaligus pembebasan tanah.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi Moerwanto dan menjelaskan Kementeriannya akan membangun jalur pantai selatan Jawa dari Banten hingga Banyuwangi sepanjang 1.600 kilometer. Selain itu pembangunan penghubung lingkar Sukabumi akan terus dikerjakan, seksi satu Ciawi – Caringin diresmikan Desember ini sedangkan Caringin – Cigombong diresmikan 2018 serta pembebasan tanahnya sudah mencapai 98 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here