Home Seputar Penanaman Modal IKUTI WORKSHOP KEBIJAKAN TEKNIS PENANAMAN MODAL, DPMPTSP KOTA SUKABUMI HARAPKAN PENINGKATAN INVESTASI...

IKUTI WORKSHOP KEBIJAKAN TEKNIS PENANAMAN MODAL, DPMPTSP KOTA SUKABUMI HARAPKAN PENINGKATAN INVESTASI DI KOTA SUKABUMI

Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, tujuan penyelenggaraan penanaman modal dapat tercapai apabila faktor penunjang yang menghambat iklim investasi dapat diatasi, diantaranya melalui perbaikan koordinasi antar instansi pemerintah pusat dan daerah, birokrasi yang efisien, efektif, kepastian hukum, serta iklim usaha yang kondusif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan pemahaman dari penanam modal mengenai pelaksanaan kebijakan penanaman modal yang telah dikeluarkan, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Guna menyosialisasikan kebijakan teknis penanaman modal dan upaya untuk pertumbuhan ekonomi melalui realisasi investasi atau penanaman modal untuk kalangan pelaku usaha, BUMN-BUMD, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, DPMPTSP Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan workshop kebijakan teknis penanaman modal dan kewajiban Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) melalui Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) modul LKPM online pada Kamis (12/04/2018) di Kantor BJB Pusat. Naripan Nomor 14 Kota Bandung.

DPMPTSP Kota Sukabumi turut hadir pada acara tersebut diantaranya diwakili oleh Kepala Seksi Pengkajian Penanaman Modal DPMPTSP Kota Sukabumi Nirma Ariyunata, S.H. dalam acara yang membahas tentang regulasi penanaman modal dan tata cara pengisian LKPM yang merupakan kewajiban dari setiap pelaku usaha yang melakukan usaha di Indonesia mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi penanam modal yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala untuk menjamin keberlanjutan usahanya.

Adapun dasar pengisian LPKM tersebut diatur berdasarkan Peraturan Kepala BKPM Nomor 17 Tahun 2015 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal. Dalam workshop ini, diharapkan adanya penyeragaman pemahaman mengenai proses pengisian LKPM dalam SPIPISE dan pelaku usaha dapat melaporkan LKPM secara tepat waktu.

Sementara itu, target realisasi investasi penanaman modal dalam negeri di Kota Sukabumi tahun 2018 sebesar Rp. 137.251.000.000 dan target realisasi investasi penanaman modal asing sebesar Rp. 9.000.000.000. Hal ini dilakukan berdasarkan assesment Kota Sukabumi yang hanya memiliki luas wilayah 48 m2 dengan prioritas kegiatan utama adalah jasa perdagangan. Namun DPMPTSP Kota Sukabumi meyakini ke depan akan adanya penyerapan investasi yang lebih tinggi sehubungan dengan penyelesaian proyek nasional pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, jalur kereta api double track, dan bandara perintis di dekat Kota Sukabumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here