Home Seputar Penanaman Modal KOPERASI WIDYA WIROTTAMA SETUKPA LEMDIKLAT POLRI TURUT MENGEMBANGKAN POTENSI DAN KEMAMPUAN...

KOPERASI WIDYA WIROTTAMA SETUKPA LEMDIKLAT POLRI TURUT MENGEMBANGKAN POTENSI DAN KEMAMPUAN EKONOMI ANGGOTA DAN MASYARAKAT KOTA SUKABUMI

IMG-20170316-WA0002

Seperti kita ketahui bersama, tujuan koperasi berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan Anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, sekaligus sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan.

Dalam pelaksanaannya, koperasi dapat mempunyai fungsi ekonomi dan fungsi sosial, tak berlebihan seringkali Koperasi disebut sebagai soko guru perekonomian Indonesia. Makna dari istilah koperasi sebagai soko guru perekonomian dapat diartikan bahwa koperasi sebagai pilar atau ”penyangga utama” atau ”tulang punggung” perekonomian. Dengan demikian koperasi diperankan dan difungsikan sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional. Keberadaannyapun diharapkan dapat banyak berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan dana kemakmuran rakyat.

Hal ini sejalan dengan pemikiran Mohammad Hatta yang diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada Kongres Koperasi Indonesia di Bandung tanggal 17 Juli 1953, beliau memiliki pemikiran bahwa jawaban ketimpangan ekonomi adalah gotong-royong. Setiap orang dapat bekerja secara wajar serta mampu memenuhi kebutuhannya. Berbeda dengan sistem kapitalisme, ekonomi gotong-royong adalah sistem yang tidak menumpuk kekayaan kepada perseorangan. Tetapi, yang lebih penting, pembagian kekayaan secara merata, berdasarkan hal itulah, Koperasi dipandangnya sebagai bentuk konkret sistem ekonomi gotong-royong tersebut.

Keberadaan badan Koperasi di lingkungan Polri untuk mewujudkan cita-cita atau tujuan Koperasi pun telah tumbuh dan berkembang sejak lama. Dengan kemajuan badan koperasi di lingkungan Polri, maka status badan Koperasi sejak tanggal 16 April 1991, divalidasikan menjadi Koperasi fungsional yang memiliki tugas pokok membantu pimpinan Polri di bidang kesejahteraan bagi anggota polri dan pegawai Negeri Sipil (PNS) beserta keluarganya. Tak terkecuali Koperasi Widya Wirottama Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi yang berlokasi di Jl. Bhayangkara Nomor 166 Kota Sukabumi merupakan Koperasi Primer yang telah berbadan hukum sejak tahun 1985, kedudukan badan Koperasi di lingkungan Polri kini disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian dan telah menjadi Koperasi yang mandiri.

Berbagai jenis kegiatan usaha sukses dijalankan Koperasi yang diketuai oleh AKBP. Habib Mulki, S.Sos. ini seperti unit simpan pinjam, unit toko, unit binatu, unit kantin/kios, unit maintenance dan kolam renang, serta unit usaha steam kendaraan bermotor.

Karena eksistensi dan konsistensi dalam menjalankan kegiatan Koperasi secara baik, Koperasi Widya Wirottama pernah diganjar penghargaan sebagai salah satu Koperasi dengan prestasi terbaik kriteria pengelolaan dan administrasi termasuk tertib administrasi perizinan, penghargaan yang diberikan langsung oleh Walikota Sukabumi Mohammad Muraz pada tanggal 26 Oktober 2015 lalu di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi dalam acara Seminar Sehari Perkoperasian. Koperasi Widya Wirottama saat ini dianggap telah melakukan berbagai langkah maju dalam pengelolaan para pelaku koperasi yang terus ikut serta memajukan dunia tersebut, sehingga diapresiasi dan diharapkan dapat merangsang motivasi kinerja pengurus koperasi untuk mempertajam daya saing dunia perkoperasian yang berada di wilayah Kota Sukabumi.