Home Seputar Penanaman Modal KOTA SUKABUMI BERBENAH, SUKABUMI CITY HUB DISIAPKAN

KOTA SUKABUMI BERBENAH, SUKABUMI CITY HUB DISIAPKAN

Untuk meningkatkan tata kelola wilayah di Kota Sukabumi, dan Pemerintah Kota Sukabumi dan Kementerian Perhubungan akan menyiapkan Sukabumi pembangunan City Hub.

Sukabumi City Hub merupakan pusat keramaian masyarakat atau pusat keramaian kota, yang akan menunjang perekonomian di Kota Sukabumi. Dalam perencanannya di sarana tersebut akan tersedia hotel, bioskop, pusat Usaha Kecil Menengah (UKM), peningkatan sarana terminal terpadu tipe A termasuk Mall Pelayanan Publik.

Kementerian Perhubungan melalui Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Agung Raharjo bersama Pemerintah Kota Sukabumi yang dipimpin Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H. selanjutnya mengadakan rapat penajaman kajian pembangunan Sukabumi City Hub di Hotel Horison Kota Sukabumi, Senin (24/6/2019) yang dihadiri konsultan perencana, Kepala Dishub, dan unsur SKPD terkait. Hadir mewakili DPMPTSP Kepala Bidang Penanaman Modal Endang Toib, S.IP.

Atas rencana tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi siap mendukung dan memfasilitasi proyek pembangunan tersebut. Kota Sukabumi dipilih oleh Kementerian Perhubungan karena dianggap memiliki kesiapan baik ketersediaan lahan maupun peluang ekonomi dan investasi untuk menghadapi penyelesaian pembangunan jalan tol, jalur kereta api Jakarta-Bandung via Sukabumi dan Cianjur serta bandara. Targetnya pada 2020 sudah bisa terbangun dan untuk Sukabumi dapat selesai sekitar 1,5 tahun di atas lahan seluas 3,3 hektare dengan rencana investasi senilai 700 miliar rupiah.

Untuk pembangunannya sendiri akan dilakukan oleh pihak investor dengan sistem Build Operate Transfer atau BOT dan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Sukabumi. Sukabumi City Hub juga akan membuka akses dan sebagai lokasi point to point di Sukabumi dan sekitarnya, dengan demikian pergerakan transportasi masyarakat termasuk wisatawan bisa transit lebih dulu di Kota Sukabumi. Harapannya Sukabumi City Hub ini dapat menyebarkan titik keramaian yang selama ini masih berpusat di wilayah Kota Sukabumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here