Home Seputar Penanaman Modal MENYOSIALISASIKAN LAYANAN IZIN INVESTASI 3 JAM BKPM

MENYOSIALISASIKAN LAYANAN IZIN INVESTASI 3 JAM BKPM

NEW-3-JAM-1
Badan Koordinasi Penanaman Modal (Investment Coordinating Board) yang berkedudukan di Ibukota Jakarta adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertugas untuk merumuskan kebijakan pemerintah di bidang penanaman modal, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan ditetapkannya Undang-Undang tentang Penanaman Modal pada tahun 2007, BKPM menjadi sebuah lembaga Pemerintah yang menjadi koordinator kebijakan penanaman modal, baik koordinasi antar instansi pemerintah, pemerintah dengan Bank Indonesia, serta pemerintah dengan pemerintah daerah maupun pemerintah daerah dengan pemerintah daerah. BKPM juga diamanatkan sebagai badan advokasi bagi para investor, misalnya menjamin tidak adanya ekonomi biaya tinggi.

Untuk mempermudah pelayanan sekaligus meningkatkan investasi di Indonesia, BKPM kini menyelenggarakan Layanan Izin Investasi 3 Jam untuk 8 Produk Perizinan plus 1 Surat Booking Tanah. Layanan ini merupakan terobosan baru BKPM bagi investor yang menggunakan layanan izin investasi 3 jam akan menerima 8 produk perizinan yaitu Izin Investasi, NPWP, Akta Pendirian Perusahaan dan Surat Keputusan Pengesahan dari Kemenkumham, TDP, IMTA, RPTKA, API-P, NIK, plus 1 Surat Booking Tanah.

Adapun investor yang dapat memanfaatkan layanan ini dengan kriteria antara lain:
1. Rencana Investasi paling sedikit Rp. 100.000.000.000 (seratus milyar rupiah); dan/atau
2. Rencana penggunaan tenaga kerja Indonesia di atas 1.000 (seribu) orang.

Permohonan disampaikan oleh calon pemegang saham dengan cara datang langsung ke PTSP Pusat di BKPM Jakarta, atau membuka link website : www.bkpm.go.id yang kini tersedia hingga 6 macam bahasa yaitu Indonesia, Inggris, Arab, Korea, Jepang, dan China.

Penulis:
Banyu Citra Anggara, S.H., M.M.
Kepala Seksi Data dan Informasi