Home Seputar Penanaman Modal NILAI INVESTASI PMA DAN PMDN TAHUN 2016

NILAI INVESTASI PMA DAN PMDN TAHUN 2016

Nilai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dihitung secara kumulatif dan sampai dengan akhir periode Rensta 2009 – 2013 selalu melebihi target yang telah ditentukan. Sedangkan pada awal tahun pertama Renstra 2013 – 2018, capaian nilai investasi PMA pada tahun 2014 mencapai 26,36% dari target atau sebesar Rp 14.760.000.000 (empat belas milyar tujuh ratus enam puluh juta rupiah). Target PMA pada periode tahun 2016 tidak tercapai disebabkan beberapa hal, antara lain Investor PMA untuk berinvestasi di Kota Sukabumi membutuhkan lahan ± 20 sampai dengan 40 Ha, sedangkan lahan yang tersedia berdasarkan peruntukan lahan menurut Rencana Tata Ruang Wilayah kota tidak sesuai yang diharapkan oleh investor, daya saing untuk berinvestasi PMA di Kota Sukabumi terutama potensi peruntukan kawasan industri berada di kawasan pertanian sehingga tidak memungkinkan untuk investasi PMA, serta Kawasan untuk berinvestasi menuju lokasi tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai karena yang dibutuhkan oleh investor berada di jalan primer sekunder, yang tersedia hanya berada di jalan lingkungan, tidak diminati oleh investor.

Solusi yang dapat diambil pada tahun mendatang guna menyerap Investasi PMA di Kota Sukabumi adanya zonasi tertentu khusus untuk industri non polutan. Adanya zonasi kawasan-kawasan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif lalu lintas (kemacetan di titik-titik tertentu, lebih menyosialisasikan peruntukan tata ruang Kota Sukabumi pada forum-forum investasi sehingga investor asing tidak keliru dalam memutuskan jenis dan luasan investasi di Kota Sukabumi serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan ekonomi masyarakat Kota Sukabumi khususnya, Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya, serta lebih meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban sehingga menjamin kepastian usaha PMA di Kota Sukabumi khususnya, Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.

Sementara itu target yang ditetapkan untuk nilai investasi PMDN adalah sebesar Rp. 134.733.000.000,00 (seratus tiga puluh empat milyar tujuh ratus tujuh puluh tiga juta rupiah), dengan nilai capaian Rp 458.449.453.491,00 (empat ratus lima puluh delapan milyar empat ratus empat puluh sembilan juta empat ratus sembilan puluh satu rupiah) atau 229,39% dari target. Hasil target tersebut karena PMDN di Kota Sukabumi terus didorong oleh Pemerintah Kota Sukabumi dengan cara masifnya promosi potensi Kota Sukabumi salah satunya melalui pameran yang diikuti oleh BPMPT Kota Sukabumi, serta Kota Sukabumi diprediksi dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi kota besar sehubungan dengan rencana pembuatan jalan tol ke Kota Sukabumi.

Penulis:
Banyu Citra Anggara, S.H., M.M.
Kasi Data dan Informasi