Home Seputar Penanaman Modal PENYEBARAN BUKU INSTRUMEN DATA LAPORAN KEGIATAN PENANAMAN MODAL (LKPM) BAGI PERUSAHAAN DI...

PENYEBARAN BUKU INSTRUMEN DATA LAPORAN KEGIATAN PENANAMAN MODAL (LKPM) BAGI PERUSAHAAN DI KOTA SUKABUMI

Dalam rangka tertib administrasi bagi perusahaan di Kota Sukabumi baik yang modalnya bersumber dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau Penanaman Modal Asing (PMA), DPMPTSP Kota Sukabumi melalui Bidang Penanaman Modal melaksanakan kegiatan penyebaran langsung buku instrumen Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) berikut tata cara pengisiannya bagi perusahaan di Kota Sukabumi selama minggu ke-dua Januari 2017.

Berdasarkan Peraturan Kepala BKPM Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pedoman dan Tata Cara Pelaksanaan Penanaman Modal, setelah mendapatkan izin penanaman modal, perusahaan memiliki kewajiban menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara berkala. Untuk perusahaan dalam tahap pembangunan, perusahaan harus menyampaikan LKPM Tahap Pembangunan yang disampaikan setiap 3 bulan sekali. Sedangkan untuk perusahaan yang sudah beroperasi/berproduksi wajib menyampaikan LKPM Telah Ada Izin Usaha dan disampaikan setiap 6 bulan sekali.

Selain untuk tertib administrasi laporan kegiatan perusahaan, penyusunan LKPM ini dapat dijadikan bahan untuk mengetahui seberapa besar tanggung jawab perusahaan dalam kontribusinya terhadap pembangunan perekonomian di Kota Sukabumi.

Instrumen data LKPM ini, difokuskan kepada perusahaan PMDN dan PMA di Kota Sukabumi yang memenuhi kriteria berdasarkan peraturan perundang-undangan, seperti perusahaan yang telah memiliki Izin Prinsip Penanaman Modal, Izin Usaha Penanaman Modal, perusahaan yang sifat produksinya massal dan menyerap banyak tenaga kerja, serta perusahaan yang memiliki intensitas gangguan yang cukup tinggi.

Adapun data yang didapatkan dari instrumen ini diharapkan dapat mengidentifikasi proyek-proyek penanaman modal, adanya eksisting data yang mendekati riil, sesuai dengan objek dan lokasi usaha, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kondisi investasi serta perkembangan perekonomian di Kota Sukabumi secara komprehensif.

Penulis:
Banyu Citra Anggara, S.H., M.M.
Kasi Data dan Informasi