Home Seputar Penanaman Modal TANPA SIUP DAN TDP, KINI PINJAM MODAL KE BANK CUKUP DENGAN NIB

TANPA SIUP DAN TDP, KINI PINJAM MODAL KE BANK CUKUP DENGAN NIB

Pemerintah dan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi memandang serius kecepatan dan kemudahan berusaha termasuk kemudahan akses permodalan kepada pelaku usaha.

Seiring dengan telah diimplementasikannya sistem pelayanan terpadu terintegrasi secara online (Online Single Submission), administrasi atau legalitas berusaha bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk di dapatkan. Apalagi dalam program kepemimpinan Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, S.A.g., M.M.Pd. dan H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H., saat ini berfokus pada peningkatkan kewirausahaan dengan menggulirkan program Sukabumi KECE (Kelurahan Entrepreneurship Center) yang dapat  mencetak wirausaha  di Kota Sukabumi dengan mensupport modal, manajerial, dan pemasarannya.

Terlebih baru-baru ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga independen yang menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya, telah menerbitkan Surat Edaran Nomor S-25/PB.3/2019 tanggal 29 Maret 2019 yang ditujukan ke seluruh Direksi Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia yang berisi permintaan agar dalam penerapan prosedur identifikasi dan verifikasi calon nasabah dalam melakukan hubungan usaha, menggunakan data Nomor Induk Berusaha (NIB) dan informasi lainnya dari sistem OSS untuk meningkatkan efisiensi dan kelancaran dengan tetap memperhatikan prinsip kehatian-hatian perbankan, dengan demikian, Bank diharapkan tidak lagi mensyaratkan SIUP dan TDP atau cukup mensyaratkan NIB kepada pemohon kredit permodalan perbankan.

Selain upaya ini dapat merubah syarat pengajuan kredit perbankan menjadi lebih efisien dan mempermudah dunia usaha, dengan langkah ini diharapkan dapat meningkatkan peringkat kemudahan berusaha (Ease of Doing Business/EoDB) Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here