Home Seputar Pengaduan MONITORING REKLAME ROKOK DI SEKITAR LAPANG MERDEKA DAN ALUN-ALUN KOTA SUKABUMI

MONITORING REKLAME ROKOK DI SEKITAR LAPANG MERDEKA DAN ALUN-ALUN KOTA SUKABUMI

Dengan telah diberlakukannya Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Pemerintah Kota Sukabumi, tidak akan memberikan izin reklame rokok baru, atau memperpanjang kembali izin reklame rokok yang sudah ada/tayang yang berada di 7 Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Sukabumi, yang diantaranya adalah reklame rokok pada tempat umum/publik seperti tempat olahraga, yaitu di sekitar Lapang Merdeka dan Alun-Alun Kota Sukabumi. Hal ini dikuatkan pula dengan Pasal 31 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagiKesehatan yang menyebutkan bahwa iklan produk tembakau tidak diletakkan di KTR,tidak diletakkan di jalan utama atau protokol, harus diletakkan sejajar dengan bahu jalan dan tidak boleh memotong jalan atau melintang, dantidak boleh melebihi ukuran 72 m (tujuh puluh dua meter persegi).

Sekaitan dengan hal tersebut, BPMPT Kota Sukabumi melakukan koordinasi dengan DPPKAD Kota Sukabumi sebagai instansi penerima pajak reklame yang diantaranya adalah reklame rokok pada hari Rabu 5 Agustus 2015, hadir pada kesempatan tersebut Kepala DPKKAD, Kepala Bidang Penagihan dan Penyuluhan DPPKAD, sementara dari BPMPT yang hadir adalah Plh. Kabid, Informasi dan Pengaduan, Kasubbid Sistem Informasi dan staf pelaksana Bidang Pelayanan Perizinan. Tujuan dari koordinasi tersebut adalah untuk mengkroscek data Wajib Pajak Reklame Rokok di Kota Sukabumi secara rutin setiap 1 (satu) bulan sekali dan kepada DPPKAD agar mempersyaratkan adanya Izin Reklame dari BPMPT Kota Sukabumi kepada Wajib Pajak Reklame Rokok yang akan mengurus pajak reklame rokok.

Untuk menegakan peraturan yang berlaku dan melaksanakan kebijakan/amanat pimpinan (Kepala Daerah), BPMPT Kota Sukabumi telah mengirim surat undangan/panggilan kepada penyedia dan produsen rokok tersebut yang berisi informasi dan permintaan untuk menghentikan produk reklame rokok, dan menjemput bola langsung ke kantor cabang produsen rokok di Kota Sukabumi, agar dengan keinginan sendiri menurunkan reklame rokok yang masih tayang pada lokasi tersebut.

Segala action dari BPMPT ini, dilakukan untuk menjalankan aturan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok, dimana BPMPT adalah instansi pemberi izin reklamenya, sebagai bentuk konsistensi, BPMPT pada tahun 2015 ini sudah tidak mengeluarkan izin reklame yang diusulkan oleh pemohon izin yang berlokasi pada Kawasan Tanpa Rokok, yaitu pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Tempat Proses Belajar Mengajar, Tempat Anak Bermain, Tempat Ibadah, Angkutan Umum, Tempat Kerja; danTempat Umum dan tempat lainnya. Untuk izin reklame rokok yang masih berlaku menunggu sampai habis dan tidak akan diperpanjang kembali izinnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here