Home Seputar Pengaduan RAPAT PENANGANAN PENGADUAN TERKAIT TERSUMBATNYA SALURAN AIR KE PERSAWAHAN YANG DIDUGA DISEBABKAN...

RAPAT PENANGANAN PENGADUAN TERKAIT TERSUMBATNYA SALURAN AIR KE PERSAWAHAN YANG DIDUGA DISEBABKAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KEL. DAYEUH LUHUR KOTA SUKABUMI

Sehubungan dengan adanya surat pengaduan atas nama H.Lili, warga Kel. Dayeuh Luhur Kota Sukabumi yang mengadukan terganggunya aliran air ke bidang sawah milik nya diduga karena pembangunan perumahan, telah dilaksanakan rapat tim teknis pengaduan pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2015 bertempat di ruang rapat BPMPT Kota Sukabumi yang dihadiri oleh dinas/instansi terkait sebagai anggota Tim Teknis Penanganan Pengaduan, diantaranya BPMPT Kota Sukabumi, Dinas Pertanian, Perikakanan, dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, unsur Kelurahan Dayeuh Luhur, unsur Kecamatan Warudoyong, Ketua KTNA Kec. Warudoyong, dan pihak pengembang perumahan The Emerald Residence.

Pada kesempatan tersebut, pada pertemuan ini para pihak sepakat akan mencari solusi yang terbaik. Pengadu mempersoalkan sawah miliknya yang tidak teraliri air, dan meminta kompensasi atas kerugian gagal panen pada bidang sawah dimaksud. Sementara dari pihak pengembang, menjelaskan bahwa semua tahapan perizinan telah selesai ditempuh dan selalu beritikad baik untuk menjalankan aturan dan membangunan berdasarkan site plan yang disahkan oleh Dinas Tata Ruang, Perumahan, dan Permukiman Kota Sukabumi. Meski demikian pengembang mengamini bahwa adanya aliran air yang tersumbat, hal ini dikuatkan oleh hasil kunjungan lapangan petugas Dinas Tata Ruang, Perumahan, dan Permukiman Kota Sukabumi yang menjelaskan bahwa memang betul ada bidang sawah yang aliran airnya tersumbat dan menyarankan agar pengembang membuat pipanisasi agar mengalirnya aliran ke sawah milik pengadu. Dari keterangan berbagai pihak, pihak pengembang mengatakan bahwa sebab tersumbatnya aliran tersebut bukan terjadi karena unsur kesengajaan, serta didapatkan bahwa sawah yang gagal panen tersebut telah berjalan selama 2 musim, hal ini ditanyakan oleh pihak pengembang kepada pengadu mengapa hal ini baru diinformasikan sekarang, karena apabila sejak awal diberitahu, maka pasti telah dilakukan langkah yang cepat.

Setelah dilakukan mediasi dan mendengarkan semua saran dan pendapat dari peserta rapat yang hadir, pengadu dan pengembang perumahan akhirnya telah sepakat berdamai dan menyelesaikan persoalan secara musyawarah dan kekeluargaan dengan kesepakatan yang disetujui bersama oleh masing-masing pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here