Home Seputar Pengaduan RAPAT TIM TEKNIS PENGADUAN DARI PERWAKILAN PT. KIAT INDAH SENTOSA MENGENAI...

RAPAT TIM TEKNIS PENGADUAN DARI PERWAKILAN PT. KIAT INDAH SENTOSA MENGENAI PEMASANGAN REKLAME ROKOK DI SEKITAR LAPANG MERDEKA KOTA SUKABUMI

Sehubungan dengan adanya pengaduan dari PT. Kiat Indah Sentosa terhadap pemasangan izin reklame produk rokok yang ditempatkan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, telah dilaksanakan rapat tim teknis pengaduan padan hari Senin tanggal 27 Juli 2015 bertempat di ruang rapat BPMPT Kota Sukabumi yang dihadiri oleh dinas/instansi terkait dan anggota tim teknis pengaduan, diantaranya BPMPT Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, DPSPP Kota Sukabumi, unsur Kecamatan Cikole, dan Satpol PP Kota Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut, Pengadu mempertanyakan alasan penolakan izin reklame rokok yang diajukannya pada lokasi Lapang Merdeka, dan menginginkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok agar dilaksanakan secara tegas sertamendesak agar reklame yang masih tayang agar dihentikan atau ditertibkan.

Pengaduan tersebut dapat terjawab oleh tim teknis pangaduan bahwa dengan telahdiberlakukannyaPeraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Pemerintah Kota Sukabumi, tidak akan memberikan izin reklame rokok baru, atau memperpanjang kembali izin reklame rokok yang sudahada/tayang yang berada di 7 KawasanTanpa Rokok (KTR) di Kota Sukabumi, yang diantaranya adalah reklame rokok pada tempatumum/publik seperti tempat olahraga, yaitu di sekitar Lapang Merdeka dan Alun-Alun Kota Sukabumi, rapat tersebut menghasilkan kesimpulan yaitu menghendaki agar tidak diberikan izin reklame rokok untuk PT. Kiat Indah Sentosa pada lokasi dimaksud dan menghentikan/membongkar reklame rokok lainnya yang masih terpasang di sekitar Lapang Merdeka dan Alun-Alun Kota Sukabumi.

Untuk Reklame rokok yang masih tayang,akan dikirimkan surat pemberitahuan kepada para vendor untuk segera mencabut sendiri iklan/reklame rokok yang dipasang di tujuh Kawasan Tanpa Rokok, apabila tidak diindahkan, maka akan dilakukan pembongkaran oleh Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut padaPasal 31 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 dicantumkan tentang tata cara pengiklanan produk tembakau, untuk iklan media luar ruang harus memenuhi ketentuan tidak diletakan di Kawasan Tanpa Rokok, tidak diletakkan di jalan utama atau protokol,harus diletakkan sejajar dengan bahu jalan dan tidak boleh memotong jalan atau melintang, dan tidak boleh melebihi ukuran 72 m2 (tujuh puluh dua meter persegi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here