Home Seputar Pengaduan TEBING LONGSOR, ANCAM PERUMAHAN TAMAN ASRI

TEBING LONGSOR, ANCAM PERUMAHAN TAMAN ASRI

Membangun rumah di area datar dengan area terjal seperti perbukitan tentu dua hal yang sangat berbeda. Untuk membangun rumah di daerah terjal/perbukitan, harus memperhatikan banyak hal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Walau pada kenyataannya banyak orang yang membangun rumah di daerah terjal/perbukitan dengan tujuan hunian permanen, namun segelintir orang masih suka membangun rumah di daerah terjal/perbukitan dengan berbagai alasan.

Warga Perumahan Taman Asri Kelurahan Subang Jaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi yang tinggal di bantaran tebing dilanda rasa was-was. Soalnya, tanah tempat tinggal mereka kerap longsor jika terjadi hujan atau saat debit air meningkat. Warga Perumahan Taman Asri berharap pemerintah segera turun tangan menangani masalah longsor itu, karena dari pihak pengembang tidak ada realisasi penanganannya yang mengakibatkan ambruknya fasilitas umum berupa saluran pembuangan air.

Adanya aduan dari warga terkait adanya tebing longsor, pada hari Kamis tanggal 7 November 2019 Tim Pengawas Perizinan yang diwakili oleh Krishna Dwipayana.,S.T Kabid Informasi Pengaduan, Arisandi.,S.T Kasi Pengelolaan Pengaduan dan Fauzi Rahmatuloh.,S.E Kasi Pengawasan dan Pengendalian Perizinan  dari DPMPTSP turun menemui Pemilik bangunan yang berlokasi di wilayah RT.4 dan RT.8 Rw.14 Kel. Subang Jaya Kec. Cikole, guna menindaklanjuti aturan tentang perumahan dan kawasan pemukiman yang dilanjutkan dengan rapat musyawarah pada hari Senin tanggal 11 November 2019 di ruang rapat DPMPTSP Kota Sukabumi jalan Mayawati Atas Nomor 11 Kecamatan Cikole, untuk menyelesaikan pengaduan atas laporan warga Perumahan Taman Asri.

Setelah dilakukan kroscek data dan tinjauan lapangan oleh Tim Pengawas  Perizinan DPMPTSP Kota Sukabumi yang dipimpin oleh Kabid Informasi dan Pengaduan Krishna Dwipayana.,S.T merekomendasikan :

  1. Perlu segera dilakukan perbaikan, mengingat lokasinya dibelakang rumah warga, dikhawatirkan bila terlalu lama perbaikannya bisa mengakibatkan longsor terhadap rumah warga.
  1. Fasilitas umum dan fasilitas sosial agar diserahterimakan ke Pemerintah Daerah

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here