Home Seputar Pengaduan TIM PENGAWAS PERIZINAN DPMPTSP CEK LAPANGAN: GERAKAN TINDAK LANJUT PENEGAKAN ATURAN IMB

TIM PENGAWAS PERIZINAN DPMPTSP CEK LAPANGAN: GERAKAN TINDAK LANJUT PENEGAKAN ATURAN IMB

Pendirian bangunan diatas sungai dapat menyebakan banjir dan dapat mencemari sungai karena hal ini memudahkan warga untuk membuang sampah dan limbah rumah tangga. Bangunan yang didirikan di atas aliran sungai tersebut kebanyakan ditujukan untuk berjualan/usaha. Padahal, ada aturan yang melarang untuk mendirikan bangunan di atas aliran sungai.

Adanya aduan dari masyarakat terkait adanya bangunan diatas saluran air dan sempadan saluran, pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019 DPMPTSP yang diwakili oleh Tim Pengawas Perizinan  turun menemui Pemilik bangunan yang berlokasi di Jalan Koleberes RT.2 RW.7 Kel. Dayeuh Luhur Kec.Warudoyong, guna menindaklanjuti aturan tentang mendirikan bangunan/usaha. Sarana dan prasarana sumber daya air tidak diperkenankan diatasnya ada bangunan, kalaupun ada hanya diperuntukkan untuk akses ke rumah (jembatan) karena berfungsi sebagai perlintasan, pada bangunan yang didirikan di atas aliran sungai tersebut kebanyakan ditujukan untuk berjualan. Padahal, ada aturan yang melarang untuk mendirikan bangunan di atas aliran sungai.

Setelah dilakukan kroscek data dan tinjauan lapangan oleh Tim Pengawas  DPMPTSP Kota Sukabumi yang dipimpin oleh Kabid Informasi dan Pengaduan Krishna Dwipayana.,S.T, disertai oleh Kasi Pengelolaan Pengaduan Arisandi,S.T, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Fauji Rahmatullah SE, M.M, dan Agus Mulya, S.M. merekomendasikan :

  1. Bangunan yang melintas alur sungai untuk segera dibongkar.
  2. Pelaku usaha diminta untuk mengajukan IMB bangunan belakang dengan mengikuti ketentuan Peraturan Perda terbaru serta mengajukan izin usaha melalui Online Single Submission (OSS)
  3. Melakukan perjanjian sewa menyewa dengan Bagian Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi untuk akses jalan masuk.

 

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here