Home Seputar Perizinan DIOPTIMALKAN, OSS DIPERSIAPKAN VERSI 1.1.

DIOPTIMALKAN, OSS DIPERSIAPKAN VERSI 1.1.

Dalam rangka meningkatkan performa sistem Online Single Submission (OSS) guna mempercepat layanan perizinan dan investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ini sedang mempersiapkan sistem OSS versi 1.1. yang kini menggunakan OSS versi 1.0.

Apa perbedaannya? dari bahan ekspose yang disosialisasikan bagi seluruh PTSP, diketahui beberapa perbedaan siginifikan yang akan digunakan pada OSS versi 1.1.

Sebagai contoh saat registrasi, Penentuan jenis Pelaku Usaha pada saat registrasi akun menentukan sendiri jenis Pelaku Usaha (Non Perseorangan, Perseorangan, dan Perwakilan) tanpa ada penjelasan, versi 1.1. sudah disediakan penjelasan mengenai definisi jenis Pelaku Usaha dan elemen data registrasi lebih sedikit dan sebagian validasi dilakukan oleh sistem.

Versi 1.0. menggunakan satu siklus (form tampilan) terdiri dari 5 step (Akta, Kelengkapan Data, Izin Usaha dan Komitmen Izin Usaha, Komitmen  Izin Komersial, Output), sedangkan pada versi 1.1. masing-masing step dipisahkan (Data Legalitas, NIB, Izin Usaha, Izin Operasional/Komersial), artinya pemohon akan menyesuaikan sesuai kebutuhan legalitas izin yang dibutuhkannya, selain itu sudah disiapkan format isian data legalitas berdasarkan jenis badan usaha (CV, Firma, dll) dan badan hukum (PT, Yayasan, dan Koperasi).

Sistem terbaru juga sudah didesain untuk membedakan kegiatan utama dan kegiatan penunjang, contohnya kegiatan utama industri di daerah Subang memerlukan  terminal khusus  di daerah Karawang, maka Pelaku Usaha bisa menentukan kegiatan industri di Subang sebagai kegiatan utama, terminal khusus di Karawang sebagai kegiatan penunjang.

Selain itu sistem terbaru sudah di desain untuk penerbitan Izin Lokasi Daratan, Perairan, dan Kawasan Hutan dengan bisnis proses yang sedang dalam proses pengembangan.

Selanjutnya tidak ada status efektif/belum efektif, namun terdapat list persyaratan/izin prasarana yang belum terpenuhi dalam Izin Usaha tersebut dan akan dilengkapi dengan lampiran yang berisi informasi list sarana dan prasarana yang harus dipenuhi dan akan dilakukan update secara otomatis ketika sudah dipenuhi. List komitmen dan dilengkapi dengan coverletter OSS yang menjelaskan bahwa komitmen telah dipenuhi. Penerbitan IOK melalui OSS diakomodir dengan memperhatikan notifikasi dari instansi yang berwenang. Apabila instansi menotifikasi ke OSS, maka OSS akan menerbitkan coverletter-nya sementara IOK-nya akan di-upload oleh instansi terkait.

Untuk pencabutan izin, akan dilakukan dengan Likuidasi dan Non Likuidasi (mencabut izin usaha/proyek) serta terdapat penambahan metode pencabutan izin bagi pelaku usaha yang hanya ingin mencabut Izin Usahanya/salah satu Izin Usahanya.

Webform versi 1.1. juga telah menampilkan rekapitulasi perizinan yang perlu dan sudah diproses oleh petugas DPMPTSP dan dilengkapi fitur untuk user manajemen dan membantu penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk membuatkan akun dan atau meregistrasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here