Home Seputar Perizinan GELAR RAKOR DATA SEKTORAL DAN STATISTIK, PEMKOT SUKABUMI WUJUDKAN PROGRAM SATU DATA...

GELAR RAKOR DATA SEKTORAL DAN STATISTIK, PEMKOT SUKABUMI WUJUDKAN PROGRAM SATU DATA DENGAN DATA AKURAT DAN TERINTEGRASI

Guna mewujudkan satu data yang akurat, dapat dipertanggung jawabkan, dan sebagai landasan perencanaan dan implementasi pembangunan serta sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kominfo bertekad terlaksananya tertib pengelolaan data yang dihasilkan produsen data yaitu masing-masing SKPD sehingga data yang dihasilkan terintegrasi dan termanfaatkan lebih optimal.

Atas pertimbangan tersebut, Diskominfo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Data Sektoral Daerah dan Statistik Tingkat Kota Sukabumi pada Rabu (07/08/2019) di ruang pertemuan Balcony Hotel Kota Sukabumi dengan mengundang unsur pimpinan SKPD, Camat, dan Lurah, Kasubbag Perencanaan SKPD, dan pengelola data/admin se-Kota Sukabumi.

Sekda Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M. Berkesempatan memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan, Sekda mengharapkan tersedianya data valid yang telah terverifikasi dengan pengelolaan data dan statistik oleh Diskominfo yang merupakan Wali Data, Bappeda sebagai Pembina Data, dan SKPD sebagai produsen data. Pembagian peranan tersebut diharapkan muncul data yang dapat dijadikan referensi dalam pengambilan kebijakan.

Selanjutnya Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. G.M. Sukarman M.Pd., menjelaskan bahwa fungsi Dinas Kominfo selain bertugas mengumpulkan dan mengelola data yang dihasilkan oleh produsen data serta menyebarluaskan data di lingkup instansi pemerintah, juga berfungsi sebagai dinas yang menyelenggarakan urusan statistik sektoral sebagai wali data terhadap data dan informasi berkaitan dengan kewenangan daerah dari masing-masing SKPD, oleh karenanya rakor ini bersifat strategis dalam upaya terwujudnya Program Satu Data, dan data yang dapat dipertanggung jawabkan sebagai landasan pembangunan berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Rapat koordinasi mengundang narasumber yaitu Kasubdit Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kementerian Dalam Negeri, Tommy Nugraha tentang kebijakan Satu Data Indonesia, Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ida Ningrum S.Si., M.Pd., tentang Penyelenggaraan Data Sektoral Daerah dan Statistik oleh Wali Data terhadap Produsen Data dan Kepala Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi, Saman, S.Si. tentang pemaparan teknis bagi operator/pengelola data SKPD kaitan Sistem Informasi Manajemen Data Statistik Terintegrasi (SIMDASI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here