Home Seputar Perizinan INVESTASI PROPERTI DI KOTA SUKABUMI, PERUMAHAN BAGI MBR

INVESTASI PROPERTI DI KOTA SUKABUMI, PERUMAHAN BAGI MBR

Kita semua menyadari bahwa kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang tidak mudah untuk diatasi. Beragam upaya dan program dilakukan untuk mengatasinya tetapi masih banyak kita temui ketersediaan perumahan yang masih jauh dari kecukupan dan permukiman masyarakat kumuh yang berada hampir setiap sudut kota. Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai permukiman masyarakat miskin tersebut adalah ketidak mampuan dalam membangun rumah dan rendahnya kualitas daya beli masyarakat.

Begitu juga di Kota Sukabumi, persoalan yang sangat jelas tampak adalah masyarakat kurang mampu dan pengangguran, termasuk kurangnya ketersediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan semakin meluasnya jumlah pemukiman kumuh. Sementara itu pertumbuhan jumlah penduduk dari tahun ke tahun terus bertambah, sehingga semakin mendorong peningkatan jumlah pertambahan penduduk.

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) didefinisikan sebagai: Masyarakat  yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah; (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2016); Masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah. (UU Nomor 1 Tahun 2011).

Atas rencana pembangunan perumahan tersebut, DPMPTSP Kota Sukabumi kembali mengadakan rapat tim teknis perizinan. Adapun pemohon/pelaku usaha yang mengajukan permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan Shifa Residance 2 sdr. Hasri Samsudin.,S.T  dari PT. Alrifara Mandiri Pratama.

Rapat tim teknis diadakan pada hari Jumat tanggal 6 Maret 2020 di ruang rapat DPMPTSP Jl. Mayawati Atas Nomor 11 Kota Sukabumi. Anggota Tim Teknis lintas SKPD yang hadir diantaranya ATR/BPN, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPRPKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja, BPBD, Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Kecamatan Warudoyong, Kelurahan Sukakarya Kota Sukabumi, yang selanjutnya diberikan kesempatan secara bergantian dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi Drs.Beni Haerani.,M.M. untuk memberikan tanggapan dan saran masukan dalam rencana pembangunan property yang dimaksud. Beberapa saran yang ditekankan seperti persetujuan/ tidak keberatan masyarakat sekitar, pelibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan pembangunan, mendaftarkan/melindungi pekerja dalam program BPJS, memperhatikan upah yang disesuaikan UMK Kota Sukabumi, memperhatikan  penggunaan lahan PSU yang ramah lingkungan serta memperhatikan keselamatan pekerja sesuai Perda Nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana/kebakaran.

Adapun yang di rencanakan investor untuk pembangunan Perumahan Shifa Residance 2 yaitu rencana bangun rumah sebanyak 30 unit dengan type 30/60 di atas  tanah seluas ± 3.176 m2 yang berlokasi di Jalan Palasari Kampung Raweuy RT.01 RW.06 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi.

Pada rapat teknis tersebut diberikan saran dan masukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga terwujud kelancaran, kepastian hukum, dan kenyamanan investasi di Kota Sukabumi. Adapun permohonan dapat disetujui dengan catatan pemohon melengkapi administrasi permohonan dan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain pembahasan teknis pembangunan, juga dipastikan pengembang menyediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial termasuk ruang terbuka hijau dan lahan pemakaman umum, untuk pengajuan tersebut, pemohon telah mendapatkan pengesahan siteplan dan kesesuaian tata ruang dari Kepala DPUPRPKP2, surat tidak keberatan warga, dokumen lingkungan (UKL-UPL), dan rekomendasi analisas dampak lalu lintas.

Diakhir pertemuan Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi menginginkan agar para pelaku usaha mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi di Kota Sukabumi, dan untuk SKPD/Instansi terkait dapat memfasilitasi persyaratan yang mendukung terbitnya IMB.

 Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here