Home Seputar Perizinan PEMBAHASAN KERANGKA ACUAN ANDAL KAMPUS IPB DI KOTA SUKABUMI

PEMBAHASAN KERANGKA ACUAN ANDAL KAMPUS IPB DI KOTA SUKABUMI

Rapat Tim Teknis Komisi Penilai Amdal Daerah Provinsi Jawa Barat kembali digelar, dengan agenda membahas dokumen Kerangka Acuan Analisa Dampak Lingkungan (KA-ANDAL) Rencana Kegiatan Pembangunan Kampus Program Studi di Luar Domisili (PDD) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kota Sukabumi.

Rapat dilaksanakan pada Rabu (21/03/2018) di Ruang Rapat Citarum Lantai 6 Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat Jalan Naripan Nomor 25 Kota Bandung ini mengundang antara lain Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi yang diwakili oleh Sekretaris DPMPTSP Kota Sukabumi Dodi Supriadi, S.Ag., M.M., para pakar lingkungan selaku Tim Teknis Amdal diantaranya adalah Prof. Dr. Erri N Megantara, De. Heri Y Hadikusumah, M.Sc., Dr. Ir. Prima Mayaningtias, M.Si., Wisandana, S.H., M.Si., Ir. Dikdik Riyadi, M.Sc., Direktur PDD-PSDKU IPB Sukabumi Kementerian  Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi IPB Dr. Wawan Oktariza, M.Si. selaku Pemrakarsa Kegiatan PDD PSDKU IPB di Kota Sukabumi, dan Tim Penyusun Studi Amdal.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan, Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012 tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), serta Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Lingkungan Hidup, rencana kegiatan kampus PDD-PSDKU IPB Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Cibeureum dengan luas lahan ┬▒ 14,1 hektar ini merupakan kegiatan yang wajib Amdal serta diperlukan rekomendasi Amdal dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat yang digunakan sebagai dasar pengajuan perizinan lainnya seperti Izin Lingkungan dan IMB pada DPMPTSP Kota Sukabumi.

Selain itu tujuan disusun dokumen AMDAL yang terdiri dari KA-ANDAL, ANDAL, dan Rencana Pengelolaan Lingkungan/Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL) ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan hidup serta memastikan adanya konsultansi publik dengan keterlibatan masyarakat dalam proses analisis dampak lingkungan hidup dan Izin Lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here