Home Berita Umum BIMBINGAN TEKNIS TATA CARA PEMBUATAN NIB DAN IZIN USAHA BAGI INDUSTRI KECIL...

BIMBINGAN TEKNIS TATA CARA PEMBUATAN NIB DAN IZIN USAHA BAGI INDUSTRI KECIL MENENGAH “SEA”

Demi memudahkan para pengusaha di Indonesia untuk mendapatkan perizinan usaha atau dagang, melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dalam hal pembuatan perizinan usaha, yaitu dengan pembuatan NIB atau Nomor Induk Berusaha. Aturan ini secara resmi diberlakukan terhitung sejak Mei 2018. Adanya NIB ini tentu akan semakin memudahkan para pengusaha dalam mendapatkan perizinan usaha.

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksaanaan kegiatan berusaha sesuai bidang usahanya. NIB wajib dimiliki pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) menyebutkan bahwa NIB merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

DPMPTSP Kota Sukabumi bekerjasama dengan SEA (Sukabumi Enterpreneur Association) Kreatif Mandiri mengadakan bimbingan teknis tata cara pembuatan NIB dan izin usaha bagi pelaku industri kecil menengah sebanyak 202 anggota dilakukan secara bertahap, yang dilaksanakan di ruang pertemuan DPMPTSP jalan Mayawati Atas No.11 Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, pada hari Rabu tanggal  26 Agustus 2020.

Acara di buka oleh Hadi Sasono.,A.P. Sekretaris DPMPTSP dengan narasumber Krishna Dwipayana.,S.T. Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan dengan membahas materi tentang OSS dan langkah-langkah pembuatan NIB.

Para peserta dilatih dan dibimbing dalam pembuatan NIB, hingga lembaga OSS menerbitkan NIB, setelah semua data dan persyaratan memenuhi dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah, akan muncul pemberitahuan yang berisikan intensif fiskal. Pemberitahuan ini menjadi bukti bahwa investor atau pengusaha telah resmi memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Investor maupun pengusaha harus bertanggung jawab dan memenuhi segala komitmen berikut kewajiban sesuai dengan yang tertulis dalam Notifikasi Perizinan dan Fasilitas saat NIB ini dibuat. Apabila di kemudian hari ditemukan adanya kecurangan atau kepalsuan data dan penyalahgunaan yang tidak sesuai, maka NIB milik investor maupun pengusaha akan dicabut oleh pemerintah dengan menempuh jalur hukum.

Diharapkan, dengan adanya NIB, setiap investor maupun pelaku usaha akan menjadi lebih mudah dalam melaksanakan proses usaha, segala proses pengurusan perizinan, termasuk pembuatan PT dan CV akan menjadi lebih mudah.

Penulis :

Sri Murni Herlina.,S.KM.,M.M (Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP Kota Sukabumi)

Editor:

Krishna Dwipayana.,S.T (Kepala Bidang Informasi dan Pengaduan DPMPTSP Kota Sukabumi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here